tayang 15/07/2020

KSB Raih Predikat Terbaik Dibeberapa Kategori Kampung Sehat

Sebarkan:


Taliwang, KA.

Program Kampung Sehat NTB yang diinisiasi Polda NTB, dalam upaya mitigasi sekaligus menekan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah usai. Hal itu ditandai dengan penganugerahan Awards Kampung Sehat NTB 2020, yang mendudukkan Kabupaten Sumbawa Barat terbaik pada beberapa Kategori. Sebut saja kategori Pasar tersehat diraih Pasar Tana Mira Taliwang. Kategori Lurah/Kepala Desa terbaik diraih Lurah Arab Kenangan dan Kategori  kampung sehat 2020 diraih  Desa Mura Kabupaten Sumbawa Barat sebagai juara tiga. 

Pjs Bupati Sumbawa Barat,  Dr. H. Muhammad Agus Patria, SH, MH, mengatakan, tujuan dilaksanakannya Lomba Kampung sehat ini lebih pada mengubah kebiasaan masyarakat. Dengan harapan, di manapun masyarakat berada, kebiasaan untuk menggunakan masker, kebiasaan untuk saling menjaga keamanan, hingga kebiasaan membeli produk-produk lokal tetap bisa dilakukan.

“Ya, jangan sampai kita menjalankan protokol kesehatan pada saat berada di kampung kita saja. Tapi di manapun kita berada. Menjaga kesehatan diri sendiri dan keamanan orang lain harus menjadi yang utama,” ungkapnya. 

Agus Fatria tak menampik, Lomba Kampung Sehat merupakan sebuah upaya Pemerintah Provinsi, Polda NTB dan Pemerintah Daerah (Pemda) bagaimana menghadapi pandemi Covid - 19 yang dilakukan dengan mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat. Hal ini harus dilakukan agar masyarakat yang sebelumnya acuh, berbalik tindakan dengan menjaga kesehatan dan menjadi lebih peduli pada kesehatan.

“Dan ini tentunya salah satu cara yang  efektif dalam membuat masyarakat berlomba-lomba untuk menerapkan pola hidup bersih dan juga sehat. Atas pelaksanaannya ada energi baru dan cara lain yang terbukti mampu memotivasi semua orang berkompetisi untuk sesuatu yang baru dan dengan tujuan yang baik," imbuhnya. (KA-02)

Agus mengakui dimana pemerintah saat ini harus menemukan strategi terbaik untuk menghadapi kasus hingga dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19. Kedisiplinan kemudian menjadi kata kunci.

“Kita di NTB  khususnya di KSB ini dari awal tidak pernah menerapkan  Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tetapi kita lebih mengedepankan kedisiplinan. Kedisiplinan menggunakan masker, jaga jarak, dan protokol kesehatan lainnya,” pungkasnya. 0

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini