tayang 15/07/2020

Jika Terpilih, Peternak Moyo Utara Berharap Jarot-Mokhlis Pangkas Perijinan Berbelit-Belit

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Dukungan untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumbawa, Ir H. Syarafuddin Jarot, MP-Ir H. Mokhlis, MSi (Jarot-Mokhlis) terus mengalir di Kecamatan Moyo Utara.

Syafii Unding, seorang peternak di Desa Pungkit Kecamatan Moyo Utara, kepada awak media di areal peternakannya, Jumat (27/11/2020), menyatakan dukungannya kepada paslon Jarot-Mokhlis pada pilkada 9 Desember mendatang.

Syafii menilai visi misi dan salah satu dari 15 terobosan paslon nomor urut 5 tersebut sangat pas dan diharapkan oleh petani peternak.

“Baik figur dan program beliau berdua, sangat menyentuh pekerjaan kami sebagai peternak,” ungkapnya.

Sebagai peternak sekaligus pedagang ternak ke luar daerah, sambung Syafii, selalu dihadapkan oleh proses perijinan yang berbelit-belit dan panjang. 

Sebagai contoh, untuk mengirim ternak ke Pulau Lombok saja harus mengantongi rekomendasi dari Rumah Potong Hewan (RPH) dimana hewan ternak itu dikirim.

“Kenapa harus ada rekomendasi baru kita bisa kirim ternak, padahal sebelumnya tidak ada istilah rekom,” ujarnya.

Bukan hanya itu, sambungnya, untuk ternak sampai   ke Lombok harus memakan waktu berhari-hari karena harus menginap dulu.

“Ternak nginap semalam dulu di ‘holding ground’, ditambah semalam lagi di Karantina baru bisa dikirim ke Lombok. Itu waktu normal, bisa saja lebih dari dua hari dua malam,” tukasnya.

Karenanya, ia berharap jika paslon Jarot-Mokhlis terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Sumbawa agar bisa memangkas birokrasi yang cukup panjang dan berbelit-belit yang selama bertahun-tahun dialami oleh peternak.

ia berharap kepada paslon Jarot-Mokhlis untuk menyediakan lahan penggembalaan (Lar) di Moyo Utara dan Moyo Hilir karena semakin tahun lahan untuk ternak semakin sempit.

“Kami juga berharap ada upaya pemerintah menyediakan pakan ternak, melalui pembibitan dan hijauan makan ternak,” pungkasnya.

Emak-Emak Dukung Jarot-Mokhlis


Ditemui terpisah, Samsidar, warga Dusun Baru A, Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara, kepada awak media menyatakan dukungannya kepada paslon Jarot-Mokhlis pada pilkada 9 Desember mendatang.

“Kami emak-emak pedagang keliling, bakulan juga kelompok ibu ibu Majelis Taklim mendukung beliau berdua untuk memimpin Sumbawa,” tukas pedagang kosmetik keliling ini.

Ia menilai program Jarot-Mokhlis untuk membantu UMKM, termasuk pedagang bakulan sangat sesuai dengan harapan masyarakat.

“Kami semua ingin ada perubahan, terutama dari segi ekonomi keluarga kami,” tandasnya.

Jika paslon Jarot-Mokhlis terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Sumbawa, ia berharap paslon nomor urut 5 tersebut dapat membantu para petani, pedagang melalui bantuan modal, tempat usaha dan sebagainya.

“Saat ini kami dari kelompok emak-emak terus bergerak dari rumah ke rumah, mengajak keluarga dan sahabat kami untuk memenangkan Jarot-Mokhlis,” pungkasnya. (KA-01)



  


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini