Dukung Pengelolaan Wisata, DLHK NTB Gelar Aksi Bersih-Bersih di Pulau Kenawa

Sebarkan:

Sumbawa Barat, KA.

Masih dalam rangkaian kegiatan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Goes to KSB, Dinas LHK NTB bersama IAGI Pengda NTB, DLH KSB, BKSDA NTB, KNPI KSB dan Mahasiswa Fakultas Pertambangan Universitas Cordova menggelar aksi ‘Clean Up’ di Pulau Kenawa. 

Kegiatan yang dilaksanakan Minggu, 8 November 2020 itu, sekaligus menjadi bagian dari upaya DLHK NTB memastikan bahwa semangat Zero Waste makin melekat pada kelompok-kelompok masyarakat, salah satunya mahasiswa.

Firmansyah, Kabid Pengelolaan Sampah dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan DLHK NTB, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan Zero waste Goes to Campus yang dilaksanakan sehari sebelumnya. 

“Pulau Kenawa ini merupakan salah satu  Destinasi  Wisata unggulan di KSB dan lokasi nya juga berada di salah satu Desa Wisata. Kita ingin agar Zero Waste bisa terintegrasi dengan  dengan program Desa wisata,” tegasnya

Ketua IAGI NTB  Kusnadi, menyatakan bahwa IAGI Goes to KSB ini merupakan contoh kolaborasi luar biasa antara program Zero Waste dengan program-program lainnya. 

“Kami berharap agar kegiatan kolaborasi semacam ini akan terus terjadi pada seluruh program prioritas.  IAGI siap mendukung pemerintah provinsi NTB secara all out,” cetusnya. 

Ditempat yang sama, perwakilan dari Universitas Cordova, KSB, Trisman, ST, MP menyebutkan bahwa Universitas Cordova ingin menjadi yang terdepan dalam mendukung program Zero Waste. 

“Melalui peran akademisi dan mahasiswa, Universitas Cordova akan mendorong dan terlibat aktif untuk membangun destinasi wisata berbasiskan geologi dengan memastikan prinsip Zero Waste sebagai upaya kelola lingkungannya,” ujarnya. 

Kepala bidang PSPPL selanjutnya menyatakan bahwa sinergitas para pihak ini akan terus direplikasi ke kabupaten/kota lainnya dan bersama dengan para pihak lainnya... 

“Tidak ada cara dan pihak yang tunggal untuk menyelesaikan persoalan Sampah,  Harus dengan banyak cara, harus dengan banyak pihak,” pungkasnya

Kegiatan aksi bersih bersih itu ditutup dengan pemasangan papan himbauan di depan pintu kedatangan di Pulau Kenawa.(KA-02)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini