tayang 15/07/2020

Bappeda Sumbawa, OPD Pertama Canangkan Zona Integritas WBK-WBBM

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA

Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Sumbawa menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pertama yang mencanangkan Zona Integiritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK-WBBM)  dari 15 OPD yang disiapkan Pemkab Sumbawa.

Pencanangan itu, ditandai dengan deklarasi dan penandatangan fakta integritas, Jum’at (23/10/2020). Hadir dalam pencanangan itu, Pjs Bupati Sumbawa diwakili Oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ir H Zulqifli, Sekretaris Daerah Drs H Hasan Basri MM, Inspektur Itkab Sumbawa Drs H Baharuddin MM, Perwakilan Tokoh Masyarakat Drs H Muhammading MM dan seluruh ASN lingkup Bappeda Sumbawa.

Kepala Bappeda Sumbawa Ir H Junaidi M. kepada awak media, menyatakan pencananganan pembangunan Zona Integritas menuju WBK-WBBM ini dilaksanakan, sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Sumbawa Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Selain itu, Keputusan Bupati Sumbawa Nomor 1196 Tahun 2020 tentang Pembentukan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Mengacu keputusan Bupati tersebut, terang Haji Jun, sapaan akrab pejabat low profil ini, maka Bappeda sebagai salah satu OPD menindaklanjuti dengan melakukan pencanangan Pembangunan Zona Integritas tersebut dengan melakukan deklarasi dan penandatangan fakta integritas sebagai wujud, tekad dan komitmen bersama dari Kepala Perangkat Daerah yang menyatakan bahwa Bappeda bersedia membangun Zona Integritas menuju WBK-WBBM.

Deklarasi dan penandatanganan fakta integritas pencanangan pembangunan Zona Integritas itu, sambungnya, disaksikan oleh Bupati, Sekda, Inspektur Itkab Sumbawa dan Unsur Tokoh Masyarakat serta seluruh ASN dilingkup Bappeda Sumbawa berjalan dengan baik.

“Deklrasi ditindaklanjuti dengan penandatanganan fakta integritas secara berjenjang dari Kepala Bappeda sampai dengan tingkat Staf yang disaksikan oleh atasan langsung masing-masing,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Haji Jun, pihaknya akan membentuk tim kerja pembangunan zona integritas Bappeda Kabupaten Sumbawa, yang bertugas untuk menyusun rencana aksi pembangunan pada Unit Kerja Bappeda Tahun 2020. Terutama melakukan pembenahan sarana prasana dan fasilitas penunjang yang dibutuhkan  untuk pembangunan zona integritas. Termasuk penerapan protokol kesehatan dengan melakukan adaptasi kebiasaan baru.

“Kegiatan tersebut sebagai langkah aktif  kami sebagai OPD dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi dan upaya pencegahan KKN serta peningkatan pelayanan public,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini