Lahan Minyak Kayu Putih DLH Sumbawa Terbakar, Belasan Personil Brimob Diterjunkan

Sebarkan:

Satgas Karhutla Brimob Polda NTB saat berjuang memadamkan api.(Foto dok Brimob NTB) 
Sumbawa Besar, KA.

Lahan dengan ratusan pohon minyak kayu putih yang dikelola oleh Dinas Lingkunga Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa, di Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir, dilaporkan terbakar, sekitar pukul 14.00 wita, Selasa (25/8/2020).

Satgas Karhutla Brimob Polda NTB diterjunkan untuk memadamkan api di areal seluas sekitar 8 hektare di samping gudang jagung milik PT CRA tersebut.

Kabag Ops Sat Brimob Polda NTB,  AKP Achmadun Hadi S.H. dalam keterangan Persnya Rabu (26/8/2020), membenarkan peristiwa kebakaran lahan tersebut.

Dikatakan, setelah menerima informasi dari masyarakat soal kebakaran lahan tersebut, unit Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kompi 1 Batalyon B Satuan Brimob Polda NTB langsung bergerak menuju TKP untuk memadamkan api agar tidak meluas.

 “sebanyak 11 personel dipimpin langsung oleh Danki 1 Batlyon B Iptu Nurdin S.AP langsung ke lokasi untuk memadamkan api agar tidak menjalar semakin jauh,” ungkapnya.

Sekitar pukul 14.20 wita, sambung Kabag Ops,  personel dari unit Karhutla Kompi 1 Batlyon B tiba di lokasi terlebih dahulu dan langsung berusaha memadamkan api yang telah meluas. Selang beberapa saat kemudian bantuan dari Satdamkar Kabupaten Sumbawa dan AWC dari Satsabhara Polres Sumbawa dibawah pimpinan Kasat Sabhara Iptu Mulyadi, SH, tiba di lokasi.

 “Pemadaman lahan ini menggunakan 2 unit mobil AWC inventaris Kompi 1 Batlyon B dan Polres serta satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Daerah Sumbawa,”  terang Achmadun.

Selain itu, masing masing personel juga dibekali alat pemadam yang dibuat dari karung goni dan diikatkan pada sebilah bambu untuk selanjutnya dibasahi air untuk memadamkan api.

Dikatakan Perwira karismatik Sat Brimob Polda NTB itu, pemadaman api di lahan tersebut memakan waktu hampir 2  jam dan sekitar pukul 16.20 wita kobaran api dapat di padamkan oleh tim gabungan.

“Dengan kerjasama yang baik antara personel Brimob dari unit Siaga Karhutlah Kompi 1 Yon B Pelopor, Pemadam kebakaran dan Polres Sumbawa akhirnya Kobaran api dapat di padamkan,” cetus Achmadun.

Proses pelaksanaan pemadaman tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Petugas kepolisian juga masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Seperti diketahui, jajaran Satuan Brimob Polda NTB secara rutin melaksanakan Patroli siaga Karhutla. Sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda NTB Kombes Pol Komaruz Zaman S.I.K., M.H agar dalam kegiatan patroli tersebut personel tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar.

“Larangan ini kita sampaikan kepada seluruh masyarakat sebagai langkah antisipasi munculnya kasus kebakaran di saat musim kemarau,” pungkasnya.(KA-01) 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini