tayang 15/07/2020

Bergerak Cepat, KPU Sumbawa Segera Rampungkan Pembentukan PPDP

Sebarkan:
Ketua KPU Sumbawa M. Wildan, M.Pd (kiri) didampingi Sekretaris KPU Lahmuddin (kanan), SE(Foto dok KPU) 
Sumbawa Besar, KA.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa saat ini tengah merampungkan proses pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan bertugas di Pilkada  9 Desember mendatang.
Ketua KPU Sumbawa, M Wildan MPd, kepada awak media, menyebutkan, salah satu tahapan penting PIlkada tahun 2020 dilaksanakan bulan ini, yakni  pemutakhiran data pemilih.
“Salah satu tahapan penting dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sumbawa tahun 2020 yakni tahapan pemutakhiran data pemilih,” ungkapnya.
Sebelum pelaksanaan tahapan dimulai, sambungnya,  KPU kabupaten Sumbawa terlebih dahulu memastikan tersedianya SDM  yang mumpuni untuk melaksanakan  tugas tersebut, yakni Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang saat ini proses pembentukan PDPP sedang belangsung.
Diakui Wildan, sebagai bentuk persiapan dalam pembentukan dan pelaksanaan tugas PPDP, KPU Kabupaten Sumbawa akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada PPK dan PPS untuk kemudian mereka dapat melaksanakan Bimtek secara estafet kepada PPDP.
“Saat ini KPU Sumbawa  sedang merampungkan proses pembentukan PPDP dan persiapan Bimtek yang akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Pencocokan dan penilitian (coklit) dimulai,” sebutnya.
Ia menyadari betul kualitas daftar pemilih tetap sangat ditentukan oleh kegiatan coklit yang akan dilaksanakan sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang. Sehingga sangat penting bagi PPDP untuk memahami tugas serta tata cara dari pelaksanaan coklit itu sendiri.
Karenanya, terang Wildan, pelaksanaan bimtek menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dijadikan ajang oleh PPDP lebih memahami tugas tugas yang akan dilaksanakan.
Lebih jauh dikatakan, kualitas data pemilih  ditentukan oleh pemetaan TPS. Terkait hal itu, saat ini KPU Sumbawa sedang menyusun Daftar Pemilih berbasis TPS yang bersumber dari DP4 yang telah disinkronkan dengan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019 lalu.
“Pemetaan TPS yang baik akan melahirkan proses Coklit yang baik pula, dan pemetaan TPS merupakan hulu dari kegiatan pemutakhiran data pemilih.sehingga pada muaranya nanti akan lahir sebuah DPT yang berkualitas,” cetusnya .
Karenanya,  ia sangat berharap masyarakat pemilih di Kabupaten Sumbawa  untuk mendukung kegiatan coklit ini dan dapat menerima kehadiran PPDP dengan tangan terbuka serta memberikan data yang akurat dan tepat.
"Jangan khawatir, PPDP akan dibekali dengan APD dan SOP sesuai protokol Covid-19 agar teman pemilih merasa nyaman serta  tetap aman saat berinteraksi dengan petugas kami,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini