tayang 15/07/2020

Anggaran Pembangunan RSUD Rp 21 Miliar Dialihkan untuk Tangani Covid-19

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Pemda Sumbawa akhirnya memutuskan untuk menunda pembangunan lanjutan untuk gedung baru RSUD Sumbawa di eks BBU Sering. Anggaran yang semula direncanakan untuk pembangunan dimaksud, dialihkan untuk penangani upaya pencegahan penyebaran Covid-19.
‘’Pembangunan Rumah Sakit dipending tahun depan, anggaran Rp 21 miliar dari APBD diarahkan ke penanganan covid,’’ ungkap Sekda Sumbawa – H Hasan Basri kepada wartawan usai telekonferensi dengan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Selasa (7/4).
Lebih jauh dijelaskan, keputusan menunda pembangunan itu diambil Bupati Sumbawa saat tatap muka via telekonferensi dengan para pimpinan di Provinsi NTB. ‘’Rumah Sakit yang dipending, kalau Pasar Seketeng tidak, karena itu bisa langsung dimanfaatkan. Kalau rumah sakit tahun ini belum bisa dilaksanakan, bisa tahun depan, tahun depannya lagi,’’ ujar Haji Bas – sapaan akrabnya.
Selain pembangunan RSUD, sejumlah pembangunan jalan yang anggarannya bersumber dari APBD juga terpaksa ditunda untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumbawa. ‘’Kita tidak tahu berapa lama ini, yang penting kita sudah siapkan anggarannya. Itu langkah yang sudah final. Dan beberapa pembangunan fisik lainnya seperti jalan dan lainnya juga dipending, yang anggarannya dari APBD. Itu disiapkan anggaran, peruntukannya terhantung dinas teknis,’’ tukasnya.
Menurut Sekda, dalam telekonferensi itu Bupati juga melaporkan ke Gubernur dan Wagub terkait penanganan pencegahan penyebaran yang dilakukan daerah, termasuk upaya kedepannya. ‘’Telekonferensi tadi terkait penanganan pencegahan covid-19 terhadap apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan kedepan. Apa saja yang sudah, itu yang kita laporkan seperti pencegahan, ada beberapa daerah yang melakukan sosialisasi, pembatasan, megnatur bagaimana agar masyarakat memahami tentang hidup sehat, itu yang dilakukan beberapa daerah, sehingga disemua daerah itu sama sudah melakukan itu. Sehingga itu yang dibilang sudah bagus (Oleh Gubernur), dan diminta untuk terus dilaksanakan,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini