tayang 15/07/2020

Wow, 20 Ton Disinfektan Guyur Kota Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Polres Sumbawa bekerjasama dengan Balai Pemeliharaan Jalan pulau Sumbawa melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang ruas jalan dalam kota Sumbawa dan juga beberapa kantor pelayanan publik.
Ditemui di depan kantor Kejari Sumbawa jalan Manggis 7, Kepala Balai Jalan Pulau Sumbawa Muhammad Taufik Hidayat, ST.MT kepada sejumlah awak media mengatakan kegiatan penyemprotan Disinfektan ini adalah untuk mengantisipasi tertularnya virus corona di Kabupaten Sumbawa.
"Kegiatan yang terlaksana  hari ini berkat kerjasama kami antara Balai Jalan dan Polres Sumbawa," ungkapnya, Selasa (31/3/2020).
Menurut Taufik, sapaan akrabnya, bahwa cairan disinfektan ini disemprotkan keseluruh kantor pelayanan public dan ruas jalan di kota Sumbawa Besar.
"Jumlahnya ada sekitar 20 ton cairan disinfektan yang kita semprotkan hari ini. Dengan tujuannya sebagai bentuk antisipasi kami terhadap virus corona," ujarnya.
Sementara itu, Kapolres Sumbawa AKBP WIDY Saputra S.IK yang dikonfirmasi mengatakan di sela-sela kegiatan tersebut menegaskan bahwa bahwa penyemprotan ini melibatkan dua unit mobil AWC, satunya milik polres dan satunya milik Satuan Brimob Polda NTB.
“Kami membagi dua Tim melakukan penyemprotan disinfektan pada ruas jalan yang berbeda. setiap kendaraan AWC yang melakukan penyemprotan dengan kapasitas 3000 – 4000 liter, dikawal dengan kendaraan patroli agar arus lalu lintas tidak terganggu,” ujar Kapolres.
Menurutnya, penyemprotan yang dilaksanakan secara massif seluruh Indonesia ini, selain penyemprotan disi fektan menggunakan dua unit kendaraan AWC juga ada beberapa tim penyemprotan manual yang tetap jalan setiap hari pada sejumlah pasilitas publik.
“Kami memprioritaskan fasiltas umum seperti Masjid, gereja, pasar, terminal serta tempat yang biasa ramai. Kami juga berharap agar masyarakat dapat melakukan penyemprotan secara mandiri di pemukiman tempat tinggalnya”, ungkap Kapolres.
Kedepannya, kata Kapolres, pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan ini pada ruas jalan lainnya, serta pasilitas umum lainnya.
Ia berharap, agar masyarakat kabupaten Sumbawa tetap mengikuti anjuran atau himbauan pemerintah seperti keluar rumah menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun,prilaku hidup bersih dan sehat, hindari kerumunan atau keramaian, jarak jarak interaksi, diam di rumah untuk meretas wabah COVID-19, tidak perlu panic serta tidak menyebarkan berita hoax.
Seperti diketahui Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan telegram yang isinya mewajibkan seluruh jajaran kepolisian di Indonesia melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh daerah. Hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19). Surat telegram bernomor ST/1008/III/KES.7/2020 itu memerintahkan seluruh polisi melakukan penyemprotan disinfektan secara massal.
Memerintahkan pada Kasatker/Kasatwil dan seluruh jajaran dengan melibatkan semua Satker atau fungsi (Brimob, KMA Sabhara, KMA Lantas, KMA dan sebagainya) KMA TNI KMA instansi lainnya untuk melaksanakan gerakan serentak dan masif KMA penyemprotan disinfektan dengan menggunakan seluruh fasilitas kendaraan dinas Polri (water cannon KMA KBR) atau dapat memanfaatkan kendaraan dinas lain seperti pemadam kebakaran serta sarana pendukung lainnya.
kegiatan ini dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus Corona (COVID-19). Melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan menggunakan dua unit mobil AWC di sepanjang ruas jalan protokol di dalam kota Sumbawa. kegiatan ini dipimpin Kapolres Sumbawa AKBP WIDY Saputra S.IK, turut dihadiri pihak Pemda kabupaten Sumbawa, Dandim 1607/Sumbawa, Kajari Sumbawa, Satuan Brimob Polda NTB, Satpol PP Sumbawa, Dikes, BPBD, Damkar, serta unsur Forkominda lainnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini