tayang 15/07/2020

Puluhan Hektare Lahan Petani Hijrah Gagal Tanam

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Sedikitnya puluhan hectare lahan pertanian milik petani di Desa Hijrah Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa, NTB , musim tanam tahun ini mengalami gagal tanam.
Suprianto,  Ketua Kelompok Tani “Ai Petung” Desa Hijrah, mengungkapkan sedikitnya 40 hektare dari 50 hektare  lahan pertanian di Kelompok Tani Ai Petung mengalami gagal tanam tahun 2020 ini dan hanya 10 hektar saja yang berhasil ditanami padi.
"40 hektar sudah dipastikan tidak bisa ditanami padi sedangkang yang 10 hektar ditanami padi sisanya ditanami jagung," ungkapnya diamini Sudarli Sekretaris Kelompok Tani Ai Petung.
Kendati bisa ditanami, sambungnya, namun 10 hektare tanaman padi anggotanya kondisinya sengat memprihatinkan dan untuk mencapai hasil yang maksimal sulit untuk dicapai.
"Tanaman padi yang sudah ditanam mudah-mudahan bisa berhasil,karena kondisi hari ini pun air tidak ada," keluhnya.
Diakuinya, musibah gagal tanam tahun  ini  lebih disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak menentu sehingga berakibat pasokan air ke lahan pertanian sangat minim.
"Selain faktor cuaca,  kami juga tidak memiliki fasiltas embung atau irigasi tehnis sehingga kami gagal tanam," katanya.
Sudarli,  Sekretaris Kelompok Tani Ai Petung menambahkan, bahwa dirinya dan pengurus lain sudah sering mengusulkan untuk dibangun embung atau cek dam agar air dapat ditampung.
"Sudah lelah kami usulkan," ungkapnya.
Sementara itu, Ikhsan KUPT Pertanian Lape ketika dikonfirmasi mengatakan akan mengecek kondisi  tersebut.
"Kami sudah terima laporan itu dari kepala desa dan kelompok tani dan kami akan turun lapangan guna mengecek informasi itu," pungkasnya.(KA-05)








Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini