Serap Aspirasi di Dua Kecamatan, Ketua DPRD Sumbawa Gelar Reses

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Memasuki Masa sidang ke III  Tahun 2019 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa dari daerah pemilihan IV (Kecamatan Alas, Alas Barat,  Buer, Rhee dan Utan) pasca resmi dilantik, Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq menggelar kegiatan Reses perdana di beberapa lokasi.
Salah satunya di Dusun Panua Desa Juran Alas,  Desa Luar Kecamatan Alas dan Dusun Tamsi Desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat. Kegiatan reses tersebut dilaksanakan selama tiga hari, 24-26 Oktober 2019.
Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq mengatakan, kegiatan reses yang dilaksanakan di beberapa lokasi tersebut untuk menyerap aspirasi khususnya di desa Luar serta desa Juran Alas Kecamatan Alas dan di Desa Usar Mapin Kecamaan Alas Barat.
“Dua kecamatan ini merupakan salah satu daerah pemilihan IV,” ujar Abdul Rafiq kepada  wartawan, Sabtu (26/10).
Dijelaskan, reses perdana kali ini bertujuan untuk mendengar menampung segala usulan atau permintaan masyarakat, khususnya di Dapil IV yakni Kecamatan Alas dan Alas Barat.
“Kegiataan reses anggota DPRD didapil masing-masing, sudah sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada,” jelas politisi PDI Perjuangan tersebut.
Rafiq mengungkapkan, nantinya segala aspirasi pada reses perdana anggota DPRD Sumbawa ini, nantinya akan dijadikan dokumen sebagai catatan penting pada saat pembahasan dengan pihak Pemerintah Daerah (Pemda).
Mengenai segala pokir DPRD (aspirasi) dari masyarakat akan ditampung sebagai catatan untuk disandingkan dengan usulan usulan Pemda yang telah tertuang pada Musrembang Kabupaten, sehingga pada pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumbawa untuk dijadikan skala prioritas nantinya.
Rafiq menambahkan, ada beberapa usulan masyarakat di Desa Luar dan Desa Juran Alas Kecamatan Alas yakni pengadaan lapangan sepak bola, jalan hotmix, pembanguan gedung Bumdes Mart, bantuan ternak, bantuan hand traktor dan pemberdayaan kelompok Usaha kecil menengah. Sedangkan di desa Juran Alas masyarakat mengusulkan agar dibangunnya akses Jalan Usaha Tani (JUT), Paving Blok, Bantuan Ternak, bantuan mesin genset serta pengembangan UKM. 
“Untuk Dusun Tamsi Desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat,  masyarakat setempat mengusulkan agar ada penambahan lokas SDN Tamsi,  Paving Blok sepanjang 120 Meter, bantuan TPQ dan bantuan ternak,” ungkapnya.
Diakuinya,  masyarakat di tiga desa tersebut pada kegiataan reses Ketua DPRD Sumbawa memberikan apresiasi yang luar biasa serta sambutan hangat digelarnya kegiatan reses  tersebut.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD Sumbawa pak Abdul Rafiq yang telah melaksanakan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat di desa Luar dan Desa Juran Alas sehingga apa yang menjadi usulan masyarakat bisa disampaikan secara langsung, Apabila ada keluhan dan masukkan dipersilahkan,” ungkap salah satu warga desa tersebut.
Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat sangat antusias dan menyambut baik  kegiatan reses Ketua DPRD Sumbawa tersebut.
“Tentunya sebagai masyarakat di desa Usar Mapin Kecamatan Alas Barat kami sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan reses ini, apalagi saat ini ketua DPRD Sumbawa merupakan perwakilan dari dapil dapil IV, maka dipastikan akan lebih memperhatikan khususnya di 5 kecamatan di dapil empat ini,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini