UIN Mataram Siap Terima Sampel SEM

Sebarkan:

Mataram, KA.

Laboratorium Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sukses menggelar pelatihan Scanning Electron Microscope (SEM) Senin - Rabu, 27- 29 Juni 2022 di Labter Uinma. Pelatihan ini menghadirkan Adi Broto Santoso Trainer dari PT. Teknolabindo Penta Perkasa yang merupakan distributor resmi SEM JEOL.


SEM sendiri merupakan jenis mikroskop elektron yang menghasilkan gambar sampel dengan memindai permukaan dengan sinar elektron yang terfokus dengan perbesaran hingga skala tertentu. Elektron berinteraksi dengan atom dalam sampel, menghasilkan berbagai sinyal yang berisi informasi tentang topografi permukaan dan komposisi sampel. Dengan kata lain akurasi sampel menggunakan SEM akan lebih tinggi jika dibanding menggunakan mikroskop manual. 


Kepala Laboratorium Sains Uinma Ervina Titi Jayanti, M.Sc. mengatakan, kegiatan ini sebagai sebuah langkah agar Labter Uinma menjangkau lebih luas masyarakat. 

Hal senada juga disampaikan Ahmad Nurjihadi, M. Ag selaku Kepala Laboratorium, sembari membuka kegiatan.


Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Adi Fadli, M. Ag menyempatkan diri hadir dan meninjau langsung pelatihan ini pada hari pertama. Pada hari pertama pelatihan, peserta yang terdiri dari laboran Uinma dan perguruan tinggi dari luar serta mahasiswa ini diberikan pengenalan partisi alat. Ini menjadi penting, agar setelah pelatihan berlangsung, seluruh peserta memahami tugas fungsi alat, serta dapat mengidentifikasi permasalahan pada alat. 

Pada hari kedua, peserta mendapat pengetahuan tentang perawatan alat dan mempersiapkan sampel. Mempersiapkan sampel pada alat SEM dilakukan dalam beberapa tahapan, standar operasi ini harus dijalankan agar alat dapat bekerja optimal dalam membaca sampel, sebelum peserta melakukan scaning sample pada hari ketiga. 

Peserta dibolehkan membawa sample untuk diuji pada hari terakhir pelatihan ini. Praktek langsung dimaksudkan untuk memberi pengalaman langsung proses analisa sample. Rangkaian tahapan ini dilakukan dengan standar operasi resmi oleh triner. 

Seluruh rangkaian kegiatan ini menjadikan peserta mampu menjalankan proses analisa sampel, pemeliharaan alat, dan perbaikan ringan sesuai SOP yang berlaku. Peserta diberikan sertifikat pengguna SEM setelah rangkaian pelatihan rampung.

Bagi yang ingin melakukan analisa sample dapat langsung menuju Laboratorium Terpadu UIN Mataram di Jl. Gajah Mada 100, Jempong, Kota Mataram.(KA-03)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini