Wow!, Bulog Gelontorkan Rp 252 Miliar untuk Serap Gabah Petani

Sebarkan:

 

Sumbawa Besar, KA,

Perum Bulog Cabang Sumbawa menggelontorkan anggaran Rp 252 miliar untuk pengadaan gabah petani di Sumbawa dan Sumbawa Barat hingga penghujung tahun 2021.


Pimpinan Perum Bulog Cabang Sumbawa, Kurnia Rahmawati STP, kepada awak media,  menjelaskan, proses pengadaan dan pembelian setara gabah sepanjang tahun 2021 yang dilakukan oleh tim satuan pelaksana Bulog bersama mitra kerja di Sumbawa dan KSB sejauh ini berjalan lancar.

Bahkan, dari hasil evaluasi yang dilakukan serapan setara gabah melebihi dari target pengadaan tahun 2020 lalu.

Adapun pengadaan tahun 2021 ini, terang Nia, sapaan akrab Sirkandi Bulog ini,  sebanyak 30.293,62 ton setara beras atau mencapai 82,58% dari target dengan anggaran yang terserap mencapai Rp 252 Miliar.

“Kegiatan pengadaan yang dilakukan dengan tidak mengenal waktu termasuk memanfaatkan hari libur seiring dengan panen petani yang melimpah baik di Sumbawa dan KSB,” ungkap Nia.

Diakui Nia, angka serapan setara gabah tahun 2021 ini melebihi realisasi pada tahun 2020 lalu yang hanya mencapai 24 393,70 ton setara gabah, dengan jumlah stok yang tersimpan disejumlah gudang Bulog Sumbawa hingga akhir Nopember 2021 sebanyak 28.461 ton setara beras. 

Stok tersebut, cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai 47 bulan ke depan atau sampai dengan tahun 2025 mendatang.

“Jadi  kita tidak perlu khawatir akan ketersediaan pasokan beras yang dibutuhkan, dan untuk mengurangi space gudang, maka Bulog Sumbawa telah melakukan pegiriman beras keluar daerah yakni ke Provinsi NTT sebanyak 6.000 ton dalam rangka Moveoutnas, “ cetusnya. 

Peningkatan serapan gabah Perum Bulog Sumbawa ini, sambung Nia, tentu tidak bisa terlepas dari adanya kerjasama dengan sejumlah pihak terkait, baik itu Pemkab Sumbawa dan KSB, para mitra kerja dan para petani itu sendiri.

“Karena itu, kami atas nama jajaran Bulog Sumbawa menyampaikan apresiasi dan terima kasih mendalam, sehingga program pengadaan gabah tahun 2021 ini dapat berjalan dengan baik sebagaimana yang diharapkan,”  demikian Nia .(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini