Dewan KSB Minta Dinas Teknis Fokus Perhatikan Disabilitas

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Penyandang Disabilitas belum mendapat tempat di masyarakat. Kehadirannya masih  dipandang sebelah mata. Keterbatasan yang dimiliki, membuat mereka dianggap sebagai kelompok yang lemah, tidak berdaya dan hanya perlu  mendapatkan belas kasihan.  Hak-hak mereka sebagai manusia seringkali diabaikan. Mulai dari hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan hingga  hak kemudahan mengakses fasilitas umum. 

Hal itu ditegaskan Sekretaris Komisi I DPRD Sumbawa Barat, Muhammad Hatta, sehingga meminta  Dinas terkait untuk lebih memberikan perhatian terhadap penyandang disabilitas. 

"Kesetaraan hak dan kewajiban penyandang disabilitas merupakan hal penting yang harus diperhatikan, terutamanya pemerintah dengan berbagai programnya yang harus nenyentuh kaum difabel" ungkap Hatta.

Selama ini praktek dan implementasi kesetaraan hak dan kewajiban penyandang disabilitas masih jauh dari konteks dan belum optimal. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor, sehingga program  yang digulirkan pemerintah belum mengakomodir kepentingan para penyandang disabilitas, serta praktek di lapangan terutama oleh masyarakat.

“Intinya kita semua harus satu pemahaman. Bahwa para penyandang disabilitas juga mempunyai hak dan kewajiban yang harus kita akomodir,” jelasnya. 

Dalam perspektif pembangunan nasional, penyandang disabilitas lanjut Hatta, mempunyai hak dan kewajiban serta peran yang sama dengan warga negara lainnya. Semisal untuk  mendapat hak pekerjaan di perusahaan swasta maupun pemerintah.

"Mereka (Disabilitas-red) harus diberikan kesempatan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016. UU ini kemudian diperkuat melalui Peraturan Presiden Nomor 67 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Penghargaan dalam Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas," sebutnya. 

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa selama ini Dinas terkait sudah memberikan perhatian dan pembinaan terhadap para penyandang disabilitas. Ia berharap, ke depan bisa lebih maksimal dalam mengakomodir kebutuhan mereka.

“Kalau difable, memang  selalu ada  program terhadap apa-apa yang mereka inginkan, tapi masih belum terlalu fokus. Harapan kita ke depan perhatian terhadap kaum difabel ini lebih digiatkan lagi dan fokus," demikian Hatta. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini