Danrem 162/WB Apresiasi Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan Pentas Seni Kompak

Sebarkan:

Mataram, KA.

Pentas seni yang diselenggarakan oleh Komunitas Mahasiswa Papua Lombok (Kompak) dengan mengusung tema "Merajut Seni, Menyemai Perdamaian dan Persatuan Bangsa" di Taman Budaya Kota Mataram hari ini, Senin (31/5) mendapat apresiasi dari Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Radmhani, S.Sos. SH. M.Han., yang hadir bersama Forkopimda NTB lainnya.

Menurut Danrem 162/WB, di tengah pendemi Covid-19 yang sedang dihadapi bersama, Mahasiswa yang tergabung dalam Kompak masih bisa menyelenggarakan pentas seni dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

“Ini sangat luar biasa dan ini baru pertama kali dilakukan di Lombok oleh adik-adik Mahasiswa Papua di NTB ,” ungkapnya.

Dijelaskan, Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau, berbagai suku dan agama, etnis, adat istiadat, warna kulit, rambut dan lainnya mampu hidup berdampingan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Bangsa Indonesia berdiri di atas keberagaman, namun tidak menjadikannya sebagai hambatan ataupun rintangan untuk bersatu padu bahkan dijadikan sebagai kekayaan dan kekuatan untuk membangun Indonesia Emas yang maju dan solid serta hidup menjunjung tinggi toleransi, saling menghormati dan menghargai satu sama lain sehingga tidak sedikit bangsa-bangsa di Eropa dan Amerika yang ingin belajar di Indonesia untuk mempersatukan perbedaan yang mereka miliki.

"Alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat Sinergitas TNI Polri dalam membina adik-adik Mahasiswa di NTB, Wabil khusus Mahasiswa Papua. Selain itu juga menunjukkan kepada publik nasional dan internasional bahwa secara umum masyarakat Papua cinta damai dan tetap setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang mampu merekatkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Marauke dan dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote,“ terang Ahmad Rizal.

Jenderal Bintang Satu itu juga meminta kepada para Mahasiswa di NTB untuk lebih meningkatkan silaturahmi dalam bentuk kegiatan-kegiatan positif dengan TNI Polri dan Pemda NTB, karena Indonesia akan kuat apabila seluruh komponen masyarakat bersatu padu membangun bangsa dengan hal-hal yang positif, ditambah lagi dengan terciptanya hubungan komunikasi yang harmonis dan kompak dalam bingkai Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Sedangkan Ketua Karateker Kompak Ervin Yanpiet Aiebekop dalam sambutan singkatnya mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta undangan yang hadir mendukung acara pentas seni dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila.

“Pentas seni ini sebagai ajang silaturrahmi untuk lebih mempererat persatuan dan kesatuan bangsa kedepan,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penampilan seni tari Siarmale Sumbawa, tari Gandrung Sasak dan tarian perdamaian Papua, berikut foto dan tarian bersama sebagai soft lounching Komunitas Mahasiswa Papua Lombok (Kompak).

Diakhir acara Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada perwakilan anggota Kompak NTB sebagai wujud silaturrahmi keluarga besar Korem 162/WB dengan Kompak.

Ditempat acara terlihat Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal, S.I.K., Kabankesbangpol NTB Lalu Abdul Wahid, Kasi Intel Kasrem 162/WB Kolonel Inf Setiya Asmara bersama Dirintel Polda NTB Kombes Pol Sutrisno HR, Dirnarkoba Polda NTB Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Rauf, Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi S.I.K., serta perwakilan Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Mataram.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini