tayang 15/07/2020

Dispopar Sebut Pokdarwis di Sumbawa Terus Meningkat

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Pertumbuhan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kabupaten Sumbawa kian massif. Pemkab Sumbawa melalui Dinas Pemuda Olahraga terus menggiatkan pelatihan terhadap puluhan pokdarwis yang telah terbentuk. Pelatihan baru berbasis pedesaan bakal dilaksanakan, agar mereka dapat mendeteksi potensi wisata diwilayah masing-masing.
Sekretaris Dispopar Sumbawa Muhammad Irfan kepada wartawan, menyebutkan, sampai saat ini jumlah Pokdarwis  di Sumbawa terus mengalami peningkatan, terutama dari wilayah selatan seperti Kecamatan Lunyuk. Pekan lalu pihaknya juga sudah mengundang Pokdarwis untuk berdiskusi, untuk saling betukar informasi serta pengalaman.
‘’Sudah muncul tingkat kesadaran masyarakat terhadap wisata yang direkomendasikan oleh Kepala Desa masing-masing. Jadi ada penambahan. Kalau total Pokdarwis di Kabupaten Sumbawa sekitar 40-an,’’ ungkapnya
Untuk memperkuat Pokdarwis, lanjut Efun – sapaan akrabnya, tahun ini pihaknya tetap memberikan pembekalan melalui pelatihan. Setidaknya ada 8 jenis pelatihan  yang akan diberikan. Selain melanjutkan pelatihan tahun sebelumnya, juga pelatihan yang belum pernah dilakukan seperti pelatihan surfing dan pelatihan berbasis pedesaan.
Lebih jauh dijelaskan, untuk pelatihan surfing dalam waktu dekat pihaknya akan mensurvey pantai-pantai yang mempunyai potensi ombak besar. Melalui pelatihan nantinya, diharapkan pokdarwis yang ada di sekitar lokasi mendapatkan bekal yang cukup serta skill tentang wisata sufing.
Sedangkan pelatihan berbasis pedesaan, pokdarwis akan didampingi oleh instruktur selama kurang lebih 5 sampai 10 hari. Mereka didampingi sampai bisa mendeteksi dan mengindentifikasi potensi wisata diwilayah masing-masing. Kemudian merancang strategi, program yang bisa dijalankan hingga pada pembentukan paket-paket wisata.
Sementara terhadap kelanjutan pelatihan tahun sebelumnya seperti diving dan lainnya, juga akan lebih ditingkatkan.
‘’Kita usahakan paling tidak rangkaian pelatihan itu kita mulai di triwulan kedua atau awal bulan 5,’’ pungkasnya. (KA-01)





Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini