Kementerian ESDM Sebut PT Tambang Sukses Sakti Segera Eksplorasi Blok Brang Rea

Sebarkan:

Taliwang, KA.

PT Tambang Sukses Sakti segera akan melakukan  aktifitas penambangan di Blok Brang Rea Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Ini setelah Kementrian ESDM menunjuk perusahaan yang berkantor di DKI Jakarta itu  menjadi pemenang lelang Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) atas blok Brang Rea. 

" Ya, setelah proses ini perusahaan selanjutnya akan menyiapkan langkah-langkah  ekplorasi di Blok Brang Rea," ungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, dalam keterangan resminya, Selasa (13/2/2024).

Penetapan  perusahaan  itu merupakan hasil lelang ulang WIUP mineral logam dan batubara Gelombang I Tahun 2023 dan lelang WIUP mineral logam dan batubara Gelombang II Tahun 2023, yang dilaksanakan berdasarkan Pengumuman Nomor 10.PM/MB.03/DJB.P/2023 tanggal 13 November 2023. Sementara nilai kompensasi data dan informasi (KDI) atau besaran harga yang harus dibayar perusahaan  jika ingin mengoperasikan wilayah baru sebesar Rp15 miliar. 

" Lokasi atau wilayah yang nantinya akan di eksplorasi di Blok Brang Rea ini mencakup Desa Bangkat Monteh, Desa Beru, Desa Lamuntet, Desa Monteng, Desa Seminar Salit, Desa Tepas, dan Desa Tepas Sepakat, Kecamatan Brang Rea,  Kabupaten Sumbawa Barat," imbuhnya. 

Dalam Keputusan Menteri ESDM itu, lanjut Agus, salah satunya diatur bahwa pemberian WIUP Logam dan Batu Bara dengan lelang dilakukan dengan dua ketentuan. 

Pertama, lelang untuk luasan wilayah kurang dari atau sama dengan 500 hektare dapat diikuti oleh BUMD setempat, badan usaha swasta nasional dengan kriteria usaha mikro dan kecil sesuai undang-undang, koperasi, serta perusahaan perseorangan. 

" Sementara lelang untuk luasan wilayah lebih dari 500 hektare dapat diikuti oleh BUMN, BUMD, badan usaha swasta nasional kriteria usaha menengah dan besar sesuai undang-undang, badan usaha swasta penanaman modal asing dan koperasi," pungkasnya. 

PT Tambang Sukses Sakti akan mengekplorasi kawasan hutan Blok Brang Rea dengan luas  4.813 hektar, komoditas emas.  Status penggunaan lahannya meliputi, Hutan Produksi Terbatas seluas 797 Hektar, Hutan Produksi, 2.466 Hektar dan Area Penggunaan Lain seluas 1.550 Hektar. (KA.02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini