Bantuan Bibit Bawang Merah Upland Diserahkan ke 12 Kelompok Tani

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Bantuan bibit bawang merah program Upland tahun 2024  sejauh ini sudah diserahkan ke sejumlah kelompok tani di Kabupaten Sumbawa.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa,  Sukiman ST dalam keterangan Persnya, Jum’at (05/04/2024), menjelaskan,  bantuan bibit bawang merah tersebut untuk tahap pertama  sudah disalurkan  ke belasan Kelompok Tani dan diterima langsung di lokasi, 

Sukiman menerangkan, pengadaan bibit bawang merah program Upland 2024 yang dipercayakan penanganannya kepada CV.Jaya Dian Riezki asal Tegal Jawa Tengah menggunakan sistem E-Catalog  sebanyak 262 ton dengan nilai kontrak Rp 10 Miliar.

Bibit tersebut diperuntukkan bagi pengembangan lahan bawang merah seluas 262  hektare  dengan rincian bawang merah berlabel biru seluas 253 hektare dan label ungu seluas 9  hektare yang diperuntukkan bagi 34 Kelompok Tani yang tersebar di Kabupaten Sumbawa.

"Penyaluran awal bibit bawang merah tersebut dilakukan CV.JDR sejak 28 Maret 2024 dan langsung diserahkan di lokasi.  Penerima tahap pertama 12 kelompok tani di Kecamatan Utan, Moyo Hilir, Lopok, Maronge, Plampang dan Empang," terang Sukiman.

Sejauh ini, kata Sukiman, tercatat sebanyak 90 ton benih bawang merah Upland yang sudah diserah kepada 12 Kelompok Tani. Sebelum bibit didropping terlebih dahulu diperiksa oleh petugas teknis dan dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) serta disaksikan Tim Aparat Penegak Hukum (APH).

" Sedangkan  droping tahap berikutnya akan dilanjutkan usai lebaran atau dimulai 17 April 2024 dari Jawa Tengah, sehingga kami sangat optimis paling tidak minggu pertama Mei 2024 proses pengadaan dan dropping bibit bawang merah Upland itu akan dapat dituntaskan sesuai kontrak," pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini