Soal Lompatan Pembangunan di Sumbawa, Begini Strategi dan Resep Abdul Rafiq

Sebarkan:

Jakarta, KA.

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq SH mengatakan untuk menjadikan pembangunan di Kabupaten Sumbawa bisa maju dan melompat membutuhkan langkah langkah strategis dan merangkul semua potensi di semua sektor. 

"Ada tiga hal utama agar terjadi lompatan Pembangunan di Sumbawa," ungkap Rafiq yang juga politisi PDIP ini.

Menurutnya,  tiga hal utama agar Sumbawa maju berkeadilan dan memegang nilai luhur budaya, bermoral dan masyarakat religius diantaranya adalah memperkuat fondasi pembangunan yang telah diletakkan oleh Pemimpin Daerah sebelumnya.

"Hal kedua adalah mengembangkan sektor unggulan, dan ketiga meningkatkan konektivitas, memperkuat kerjasama, dan mendorong inovasi daerah," paparnya.

Rafiq menjabarkan langkah penguatan fondasi dilakukan dengan  peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan serta keberpihakan  pada kesejahteraan tenaga honorer atau kontrak, memperkuat infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, pelabuhan (dermaga labuh), dan bandara,

Selain mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel, menciptakan iklim investasi yang kondusif dan ramah investor.

"Pemerintah tetap memiliki semangat untuk menjamin terpenuhi pelayan dasar bidang pendidikan dan kesehatan dengan menyiapkan prasana pendidikan yang memadai dan fasilitas kesehatan yang refresentatif," cetusnya.

Kemudian tahapan selanjutnya adalah  mengembangkan sektor unggulan dengan membangun koneksi dengan Pemerintah pusat dan Provinsi serta pelibatan sektor swasta.

"Daerah dapat memaksimalkan potensi sektor pariwisata dengan mengembangkan wisata halal, wisata bahari, dan wisata budaya, meningkatkan produksi dan nilai tambah sektor pertanian, peternakan, dan perikanan serta pertambangan," urainya.

Selain itu, sebut Rafiq, yakni  mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan dan manufaktur, mengembangkan potensi energi baru dan terbarukan, meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas terutama wilayah selatan atau terisolir.

Hal penting lainnya, yakni memperkuat konektivitas antar wilayah di Sumbawa dengan membangun jalan mantab dan meningkatkan kualitas jalan provinsi dan kabupaten, meningkatkan aksesibilitas ke Sumbawa dengan memperbanyak penerbangan (flight) dan pelayaran adalah jalan terbaik untuk memajukan Sumbawa.

"Kita juga tak boleh menutup mata dengan perkembangan zaman kekinian melalui pembangunan  infrastruktur digital untuk mempermudah akses informasi dan komunikasi termasuk wilayah blank spot ujarnya sehingga tak boleh abai dengan memperkuat kerjasama dan kolaborasi antar Pemerintah Daerah Kabupaten dengan pelaku pembangunan seperti akademisi, bisnisman (Perbankan dan Dunia Usaha), komunitas (kelompok masyarakat), Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Badan Perwakilan Desa (BPD)  dan insan media," tukasnya.

Menurutnya, seorang leader  atau pimpinan daerah harus memiliki gairah dalam memperkuat kerjasama antar daerah, pemerintah pusat, dan dunia usaha dan secara pararel meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dengan semangat gotong royong baik yang ada didalam Sumbawa maupun di luar Sumbawa.

Muaranya, daerah akan mampu menjalin kerjasama internasional untuk menarik investasi dan transfer teknologi  dengan mendorong inovasi dan kreativitas tanpa meninggalkan kewajiban menjamin tersedia air bersih bagi masyarakat dengan mendorong Perumdam Batulanteh dalam membenahi jaringan distribusi air dan manajemen pelanggan. 

Tak hanya itu Pemerintah Daerah memberikan  dukungan kepada para pelaku UMKM dan startup untuk berkembang  dan  menjamin tidak ada  anak yang putus sekolah sebagai wujud kehadiran Pemerintah juga menyediakan ruang bagi Penyandang Disabilitas, anak anak , Remaja millineal untuk berkiprah dalam pembangunan di Daerah.

"Dengan pemikiran ini maka akan diwujudkan dengan berbagai program yang terukur setiap tahunnya. Dengan membangun fondasi yang kuat, mengembangkan sektor unggulan, meningkatkan konektivitas, memperkuat kerjasama dan mendorong inovasi, Sumbawa diharapkan dapat mencapai lompatan pembangunan yang signifikan," pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini