Karantina Sumbawa Gelar Operasi Patuh Karantina Serentak di Empat Pelabuhan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Dipimpin langsung oleh Kepala Karantina Sumbawa, IBP Raka Ariana "Apel Siaga & Operasi Patuh Karantina" digelar di Pelabuhan Laut Badas, Sumbawa  Senin (06/11). Bekerjasama dengan TNI, Kepolisian, BKIPM, Pelindo serta intansi terkait di pelabuhan, kegiatan ini juga dilaksanakan di tiga tempat lainya yakni, Pelabuhan Penyeberangan Ferry Pototano, Pelabuhan Penyeberangan Ferry Sape dan Pelabuhan Laut Bima.  

Raka, dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk penegakkan disiplin terhadap komoditas yang akan dilalulintaskan oleh  masyarakat.

"Penegakkan disiplin terhadap Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan harus dilakukan agar masyarakat sadar akan peraturan dalam membawa komoditas masuk maupun ke luar wilayah Pulau Sumbawa," ujar Raka.

Ia menjelaskan, sebagai sentra produksi ternak baik itu sapi, kerbau dan kuda. Serta gudang komoditas pertanian seperti jagung, beras, bawang merah serta kacang-kacangan. Pengawasan dilakukan agar komoditas pertanian yang dilalulintaskan bebas Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Selain lalulintas keluar, operasi patuh ini juga untuk melakukan pengawasan pemasukan komoditas pertanian yang menjadi tentengan para penumpang kapal perintis yang masuk ke pulau Sumbawa. "Meskipun sedikit namun tetap memiliki potensi untuk menularkan HPHK dan OPTK, kita tetap memastikan komoditas masuk sudah diperiksa petugas karantina," pungkas Raka.(KA-04)


Pada kesempatan tersebut Raka juga melakukan sosialisai tentang penyakit rabies, setiap kapal yang singgah dipastikan tidak membawa dan menurunkan Hewan Pembawa Rabies (HPR) seperti Anjing, Kucing, Kera dan lainya.



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini