Unram dan Kedutaan Polandia Berdayakan Potensi Kolaborasi untuk Pendidikan Unggul

Sebarkan:

 

Mataram, KA 

Rektor Universitas Mataram (Unram) bersama perwakilan Kedutaan Polandia di Jakarta mendiskusikan potensi kolaborasi antara Unram dengan institusi pendidikan tinggi Polandia. Diskusi tersebut berlangsung secara aktif di Ruang Sidang Rektor pada Kamis (19/10).

Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. selaku Rektor Unram mengharapkan melalui diskusi ini bisa membuahkan peluang yang lebih besar ke depannya dan kesepakatan untuk segera menandatangani nota kesepahaman. Hal itu disambut baik oleh perwakilan Kedutaan Polandia, Karolina Ionescu selaku Sekretaris III Bagian Politik dan Ekonomi.

Karolina juga memaparkan beberapa hal dalam diskusi tersebut seperti sistem pendidikan tinggi di Polandia dan beberapa program beasiswa Polandia yang dapat diikuti.

“Di Polandia ada NAWA (National Agency for Academic Exchange) yang dapat diikuti oleh mahasiswa, dosen, maupun staf perguruan tinggi. NAWA ini memiliki 3 program beasiswa seperti Stefan Banach Scholarship, Polish Lecturers Programme, dan NAWA Summer Courses,” jelas Karolina.

Rektor Unram, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan harapannya kepada Karolina untuk bersinergi dalam memperkuat kolaborasi antara Indonesia dan Polandia, secara khusus dalam bidang pendidikan.

“Kerja sama ini merupakan langkah penting dalam memperkuat kualitas pendidikan baik nantinya di Unram maupun perguruan tinggi di Polandia. Adanya kolaborasi ini bisa memberikan peluang besar untuk pertukaran ilmu pengetahuan, budaya, bahkan inovasi-inovasi di tingkat internasional,” papar Rektor Unram.

Prof. Bambang juga menambahkan bahwa untuk meningkatkan SDM terutama dalam konteks pendidikan merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, sehingga diskusi ini diharapkan dapat membuka pintu untuk mengakses pengalaman akademik yang lebih beragam dan memperkaya nilai pendidikan.(KA-03)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini