Progres Pengadaan 5 Unit Kapal Perikanan DKP Sumbawa Capai 75 Persen

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA 

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia  menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 senilai Rp 3,9 Miliar untuk menunjang program perikanan tangkap di Kabupaten Sumbawa.

Salah satu paket proyek diantaranya adalah paket pengadaan langsung berupa pengadaan 3 unit kapal perikanan kurang dari 3 Gross Tonase (GT) dengan nilai Rp 194 786.618.  pekan lalu Juni 2023 telah didistribusikan dan diserahkan kepada kelompok nelayan penerima manfaat,.

Sementara untuk pengadaan 5 unit kapal perikanan dibawah 5 GT saat ini dalam proses pelaksanaan pengadaannya oleh kontraktor pemenang tender.

"Sampai saat ini progres pembuatan kapal tersebut sudah mencapai 75 persen," terang.  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa melalui Kabid Perikanan Tangkap H.Burhanuddin S.Pi, Rabu  (18/10/2023)

Dijelaskan, sesuai dengan kontrak kerja, pengadaan 5 unit kapal perikanan dibawah 5 GT dibiayai melalui DAK tahun 2023 senilai Rp 1.158.146.250  dipercayakan pengerjaannya  CV Dinda Lestari Sumbawa, dengan pelaksanaan pekerjaan terhitung bulan Juni hingga awal Desember 2023.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan di lokasi pembuatan kapal (galangan) tersebut, progresnya sudah 75%, dan sisa 25% l masih menunggu kedatangan mesin kapal berkapasitas 50 PK yang telah dipesan melalui distributornya, dan jika tiba dalam bulan Oktober ini langsung dipasang dan di instal, sehingga diprediksikan pengadaannya akan dapat dituntaskan  sebelum kontrak berakhir,” ungkap Haji Bur akrabnya.

Sesuai kontrak, lanjut  Haji Bur, dalam pengadaan 5 unit kapal perikanan tersebut pembayarannya menggunakan sistim Cash and Carry.

"Artinya barang diterima 100% barulah pembayaran dilakukan, dimana kapal tetsebut nantinya akan diperuntukkan guna menunjang kegiatan usaha sejumlah kelompok nelayan di daerah ini," pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini