Mahasiswa Unram Perkenalkan Alat Seaweed Dryer

Sebarkan:

Mataram, KA.

Tim Sade Lombok yang merupakan Tim PKM-Penerapan Iptek Universitas Mataram (Unram) sebelumnya lolos hibah pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023. Kini berinisiatif untuk membuat Alat Pengering Rumput Laut Otomatis Menggunakan Hybrid Electrical Heating Seaweed (HEHS) sebagai solusi inovatif yang dirancang untuk membantu mitra tani rumput laut dalam mengoptimalkan proses pengeringan secara efisien dan otomatis. Teknologi ini menggabungkan sistem pemanas listrik dan pemanas hybrid untuk memastikan pengeringan rumput laut dengan hasil terbaik.

Dalam pelaksanaannya dari bulan Juni – September, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Tim Sade Lombok beranggotakan 5 orang dari multidisiplin berbeda yang terdiri dari M. Ahleyani sebagai ketua dari Prodi Teknik Elektro, Muhammad Riyadhus Sholihin dari Prodi Teknik Elektro, Afrianti dari Prodi Pendidikan Kimia, Dini Febrianti Lestari dari Prodi Ilmu Kelautan dan Qurratul Akyuni dari Prodi Manajemen berupaya untuk menciptakan alat pengering rumput laut (Seaweed Dryer) otomatis untuk mengoptimalisasi komoditas rumput laut di Lombok Barat.

Teknologi tepat guna yang dirancang Tim Sade Lombok tidak hanya meningkatkan hasil produksi rumput laut kering, tetapi juga memberdayakan mitra tani dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan alat dan mengoptimalkan pemanfaatan komoditas rumput laut untuk menghasilkan profit yang lebih tinggi melalui produk inovatif dari rumput laut. Sistem otomatisasi dalam pengering ini juga dilengkapi dengan sensor dan pengendali suhu, kelembaban, serta keadaan udara, hal ini dapat membantu menjaga kualitas rumput laut yang dihasilkan.

PKM muncul sebagai suatu inisiatif penting yang dijalankan oleh pemerintah dalam rangka memberikan dukungan dan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas, inovasi, serta kemampuan penelitian mahasiswa di luar ruang kelas. Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) tahun 2015-2030. PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan.(KA-03)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini