Kemenko Perekonomian Paparkan Manfaat Kerja Sama Ekonomi Multilateral KEK Mandalika di Unram

Sebarkan:

Mataram, KA.

Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan Kuliah Tamu terkait “Perkembangan Kerja Sama Ekonomi Multilateral Indonesia dan Manfaatnya terhadap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika” pada hari Jumat (13/10) di Gedung Dome Unram. Kuliah Tamu ini menghadirkan Susiwijono, S.E., M.E. selaku Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Plt. Sekjen Dewan Nasional KEK sebagai keynote speaker.

Terdapat beberapa narasumber lain dari Kedeputian Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian yang mengisi acara tersebut, yaitu Reza Mahdi Daniswara (Analis Perencanaan Strategis), Jajang Somantri (Analis Perekonomian), Bakri Prakarso (Analis Investasi, Kerja Sama, dan Komunikasi), dan dari Akademisi Program Studi (Studi) Alfian Hidayat, S.IP., M.A. (Dosen Prodi HI Unram).

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang berasal dari mahasiswa/i Unram (Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Prodi Hubungan Internasional), dan akademisi yang memiliki ketertarikan dengan fora kerja sama ekonomi internasional, forum kerja sama OECD, dan pembangunan KEK.

Kuliah Tamu ini diselenggarakan dalam rangka memperluas pemahaman kalangan akademisi, mahasiswa/i, dan pemangku kepentingan lainnya tentang diplomasi ekonomi pada fora ekonomi multilateral dan dampaknya terhadap pengembangan KEK. Kegiatan ini juga merupakan wadah untuk diseminasi proses aksesi keanggotaan Indonesia dalam the Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), serta kegiatan KEK secara umum dan khusus.

Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan kepada para mahasiswa yang hadir untuk terus mengeksplor wawasan mereka dengan materi yang akan disampaikan.

“Pak Susiwijono ini adalah pakarnya di bidang perkonomian, belajarlah dari beliau. Sebagai generasi muda, janganlah berdiam diri menjadi penonton. Persiapkanlah diri kalian mulai sekarang, apa yang bisa kalian lakukan, kontribusi apa yang bisa kalian berikan bagi perkembangan pariwisata,” tuturnya.

Selanjutnya, Susiwijono, S.E., M.E. selaku Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Plt. Sekjen Dewan Nasional KEK memaparkan materinya tentang “Perkembangan Kerja Sama Ekonomi Multilateral Indonesia dan Manfaatnya terhadap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika”. 

Ia  menjelaskan bagaimana kerja sama ekonomi internasional lebih dari sekadar pertemuan diplomatik.

“KEK ini merupakan bukti keberhasilan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi investasi dan pertumbuhan ekonomi. Seperti KEK Mandalika di Lombok Tengah, ini menjadi bukti nyata bagaimana investasi dalam sektor pariwisata dan infrastruktur dapat mengubah daerah menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang dinamis. Manfaat KEK Mandalika tidak hanya terbatas pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga memperkuat infrastruktur regional,” paparnya.(KA-03)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini