Karantina Sumbawa Sulap Halaman Belakang Kantor Jadi Kebun Binatang Mini

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Untuk lebih mengenalkan kegiatan perkarantinaan sejak dini, Karantina Sumbawa menerima kunjungan TK Annur Falah Sumbawa, Kamis  (12/10/2023).

Kepala Karantina Sumbawa, IBP Raka Arina menerangkan kegiatan yang bertajuk sosialisasi dalam rangka menyambut Hari Karantina ke-146 untuk lebih mengenalkan profesi dokter hewan karantina, paramedik Karantina hewan, analis perkarantinaan tumbuhan dan pemeriksa karantina tumbuhan, serta kegiatan perkarantinaan.

Acara dimulai dengan pemutaran video profil Karantina Sumbawa dan kegiatan pejabat Karantina di lapangan, sorak sorai anak-anak begitu riuh Ketika melihat bermacam-macam alat angkut dan komoditas pertanian baik hewan maupun tumbuhan sedang diperiksa pejabat Karantina dalam video.

Raka, sapaan akrab pejabat low profile ini menambahkan, setelah pemutaran video anak-anak diajak berdialog bersama dokter hewan dan pejabat Karantina tumbuhan. “Kami ingin mengenalkan dan menumbuhkan rasa sayang terhadap hewan dan tumbuhan, dengan anak mengetahui bagaimana cara merawat hewan ataupun tumbuhan kesayanganya,” terang Raka.

"Bagaimana memberi makan yang baik, jika sakit harus dibawa ke dokter hewan dan yang paling penting jangan menyiksa atau mengganggu binatang terlebih binatang liar," imbuhnya.

Kegembiaraan anak-anak terlihat saat diajak berkeliling di sekitar kantor Karantina Sumbawa yang telah diubah bak ruang pameran dan kebun Binatang mini. 

Di halaman depan dipamerkan beraneka macam komoditas pertanian unggulan dari pulau Sumbawa seperti madu, jagung, bawang merah dan lainya.  Selain itu dipamerkan juga koleksi awetan kupu-kupu, lalat buah, belalang dan  Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) lainya.

Dibelakang halaman telah menanti aneka hewan peliharaan yang ditata bak kebun binatang mini mulai dari kelinci, aneka ayam, kucing, anjing dan unggas lainya. Tidak lupa ternak besar unggulan seperti sapi, kerbau dan kuda telah berjajar diajak berinteraksi anak-anak mulai dari cara pemeriksaan hingga memberi makan.

Raka berharap dari kegiatan ini sebagai salah bukti kepedulian Karantina Sumbawa dalam hal berbagi ilmu pengetahuan. “Semoga dengan melihat dan berinteraksi langsung didampingi oleh yang ahli dibidangnya, pengetahuan anak-anak bertambah tidak hanya melihat dari buku ataupun gawai mereka,” pungkas Raka.(KA-01)



Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini