Jelang Pemilu dan Pilpres, Bupati KSB Ingatkan Netralitas ASN

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Memasuki masa  Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat HW Musyafirin ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) jaga netralitas.

HW Musyafirin menegaskan, tahun 2024 akan berlangsung pemilihan presiden, DPR, DPD, DPRD dan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati/Walikota/Wakil Walikota.

“Ini merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus kita sukseskan bersama. Saya percaya bahwa ASN  yang sudah berkali-kali menghadapi Pilpres dan Pilkada sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara," kata Musyafirin.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Sumbawa Barat tersebut menjelaskan, ASN memiliki peranan dalam membangun bangsa Indonesia saat ini.

Dirinya berharap ASN lingkungan Pemkab Sumbawa Barat meningkatkan kinerja, berkolaborasi serta bersinergi, meski menghadapi tahun politik.

"Untuk itu saya mengingatkan kembali tentang netralitas dimaksud karena orientasi ASN tetap tidak berubah yaitu untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga keutuhan NKRI," kata Musyafirin.

Selain persoalan netralitas, Bupati juga menekankan kepada ASN  agar dapat mensikapi perkembangan teknologi dan perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat.

Dua faktor besar pengubah kehidupan ini harus disikapi oleh ASN.

Pengubah kehidupan tersebut ungkap HW Musyafirin yaitu AI (Artificial Intelegensi), IOT (internet of thing), Big data, Sistem dan Algoritma pemrograman, coding.

Hingga verifikasi biometrik sehingga tidak bisa lagi menggerakkan pemerintahan dengan cara-cara lama.

"Kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Digitalisasi dalam proses, hasil layanan dan marketing semua produk layanan pemerintahan sudah merupakan kebutuhan," tutup Musyafirin. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini