DKP Sumbawa Optimis Rampungkan Pengadaan 5 Unit Kapal Perikanan Dibawah 5 GT

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia telah mengalokasikan dan menggelontorkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 senilai Rp 3,9 Miliar untuk menunjang program perikanan tangkap di Kabupaten Sumbawa, dan satu paket proyek diantaranya adalah paket pengadaan langsung berupa pengadaan 3 unit kapal perikanan kurang dari 3 Gross Tonase (GT) dengan nilai Rp 194 786.618. (sekitar Rp 194 Juta lebih) pekan lalu Juni 2023 telah didistribusikan dan diserahkan kepada kelompok nelayan penerima manfaat,.

"Sedangkan untuk pengadaan 5 unit kapal perikanan dibawah 5 GT kini dalam proses pelaksanaan pengadaannya oleh rekanan kontraktor pemenang tender," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa melalui Kabid Perikanan Tangkap H.Burhanuddin S.Pi, kepada awak media diruang kerjanya Selasa (27/06).

Sesuai kontrak kerja,  terang Haji Bur, sapaan akrabnya, untuk pengadaan 5 unit kapal perikanan dibawah 5 GT dibiayai lewat DAK tahun 2023 senilai Rp 1.158.146.250 (sekitar Rp 1,1 miliar lebih) dipercayakan penanganannya kepada kontraktor pemenang tender CV Dinda Lestari Sumbawa, dengan pelaksanaan pekerjaan terhitung Juni – 26 Nopember 2023 mendatang.

" Sebanyak 5 unit kapal itu juga diperuntukkan untuk menunjang sejumlah kelompok nelayan di daerah ini," ujarnya.

Dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan,  lanjut Haji Bur, saat ini  kontraktor pelaksana sedang melakukan pekerjaan awal membentuk bagan kapal, di lokasi galangannya di kawasan Kerato Kecamatan Unter Iwes.

"Tenaga teknisnya didatangkan dari Pulau Jawa, sehingga kami optimis pengadaan 5 unit kapal perikanan itu akan dapat dituntaskan dan diselesaikan tepat waktu," pungkas Haji Bur.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini