HMS Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Kelurahan Menala

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Empat pilar kebangsaan menjadi tiang kokoh dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.Yakni, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD 1945 adalah konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Pemahaman itu diusung dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan senator DPR RI Partai Amanat Nasional (PAN) M, HM Syafruddin, ST. MM, yang berlangsung di aula pertemuan Kelurahan Menala Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa malam, 20/9/2022. 

HMS mengatakan, kesatuan Negara Republik Indonesia (NKRI) tidak bisa diganggu gugat. Indonesia sebagai bangsa yang majemuk masih perlu penguatan dalam penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila akibat munculnya pemahaman yang keliru dan sempit.

"Jangan berpikir memisahkan diri dari NKRI. NKRI harga mati," ujarnya.  

Acara sosialisasi yang digelar tersebut cukup hangat. Ditengah-tengah kegiatan bahkan disuguhkan kuis kuis  berhadiah  yang berkaitan dengan 4 pilar.  

Ia mengajak masyarakat yang hadir agar mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 

"Pancasila selain dihafalkan juga harus diterapkan dalam kehidupan keseharian,"ajaknya.

HMS juga menegaskan saat ini terkesan kurang berkembangnya penghargaan atas kemajemukan dan kebhinnekaan, keteladanan dalam bersikap dan prilaku serta kurang maksimalnya penegakan hukum.

Oleh sebab itu, ia berpesan kepada masyarakat agar memperkuat ketahanan keluarga dengan kebersamaan dan kesolidan serta kerukunan. 

" Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman bangsa, dengan banyak suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan budaya, tetapi tetap satu yakni bangsa Indonesia.Jadi kita harus berbangga menjadi warga Negara Indonesia, bukan malah terpecah belah,” tegasnya.(KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini