Gempa Tektonik Magnitudo 4,7 Guncang Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Gempabumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Sumbawa Selasa (09/08/2022) pukul 14.36.09 WITA. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,34° LS; 117,15° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km timur laut Pulau Saringi, NTB pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardianto Septiadhi, S.Si, dalam keterangan tertulisnya, menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Busur Belakang Flores (Flores Back Arc Thrust).  Hasil analisis mekanisme sumber gempabumi ini diakibatkan oleh sesar naik dengan kombinasi mendatar (oblique thrust fault)

Dijelaskan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa, Sumbawa Barat III MMI  (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) dan Lombok Timur II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) . 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI," terangnya.

Ia menyatakan, hingga Selasa, 09 Agustus 2022 pukul 15.15 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Ardhianto mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ujarnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(KA-04)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini