Kejar target, Pemkab Sumbawa Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA. 

Pemerintah Kabupaten Sumbawa terus melakukan upaya percepatan vaksinasi covid-19 guna mengejar target herd immunity masyarakat di daerah terhadap wabah pandemic tersebut.

Pemkab Sumbawa secara konsisten terus mengambil insisiatif dan upaya penanganan pandemi Covid-19 untuk mempercepat pemulihan. Program vaksinasi menjadi prime mover yang paling penting.

Fokus pemerintah daerah saat ini adalah peningkatan percepatan cakupan vaksinasi disamping upaya pengamanan pasokan vaksin. Percepatan ini merupakan upaya memastikan masyarakat terlindungi dan menjaga akses masyarakat pada kebijakan mandatori vaksin bagi masyarakat yang ingin melakukan mobilitas atau kegiatan lainnya dalam menekan penyebaran virus Covid-19.

Vaksinasi terus dipercepat secara optimal sehingga rata-rata vaksinasi harian dapat tercapai sesuai target yang ditetapkan. Kabupaten Sumbawa dalam beberapa hari ke depan, kegiatan vaksinasi harus menuntaskan lebih kurang 30.000 dosis yang sudah tersuplay saat ini.

Percepatan vaksinasi ini terus dibuka seluas-luasnya dengan skema implemetasi berbasis unitas terkecil seperti desa, sekolah, komunitas dan lain-lain.

Disamping dengan berbagai kanal media informasi, dalam berbagai momentum kegiatan social kemasyarakatan, Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa menyebarkan informasi terkait vaksinasi massal yang sedang dilakukan pemerintah secara masif.

Berkaitan dengan itu, di sela-sela kunjungannya di sejumlah  Kecamatan Bupati Sumbawa Bapak H. Mahmud Abdullah secara khusus mengumpulkan Kepala Desa serta Kepala Puskesmas dan meminta untuk mengupayakan percepatan vaksinasi di wilayah Kecamatan tersebut.

Selain itu, Bupati juga menjamin stok vaksin hingga saat ini masih memadai dan dapat terus disalurkan kepada masyarakat. Karena itu, Ia menginstruksikan agar pelayanan vaksinasi dapat lebih didekatkan kepada masyarakat, dengan memusatkan pelayanan di masing-masing desa. Dekatkan pelayanan dan datangkan vaksinator kepada masyarakat” tegas Bupati.

Begitu juga Wakil Bupati Sumbawa Ibu Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd, di berbagai kesempatan terus mengajak masyarakat untuk vaksinasi.

Secara gamblang Wakil Bupati Sumbawa dalam kesempatan silaturrahmi dengan masyarakat pada kegiatan social kemasyarakatan tersebut terus mengkampanyekan protocol Kesehatan dan gerakan vaksinasi.

Wabup mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan menghimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi, sehingga program vaksinasi segera memenuhi target minimal 70% dan Kabupaten Sumbawa segera terbebas dari Covid-19.

Secara serentak semua pihak terkait meliputi Pemerintah Daerah, TNI, Polri sampai dengan Pemerintah Desa terus melaksanakan aksi percepatan vaksinasi Covid-19 ini. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pencapaian vaksinasi masyarakat sehingga terwujud tingkat imunitas masyarakat yang ditargetkan.

“Berbagai terobosan diupayakan untuk memecahkan kebuntuan jika terdapat perlambatan capaian vaksinasi. Untuk memantau progress vaksinasi, secara harian bahkan secara realtime capaian vaksinasi dapat dipantau. Sehingga capaian masing-masing kecamatan secara dini dapat diketahui dan segera dilakukan evalusi secara cepat,” pungkasnya.(KA/**)

 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini