BPN Sumbawa Serahkan Ribuan Sertifikat Gratis untuk Masyarakat

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia menyerahkan sebanyak 470 Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021 secara simbolis kepada masyarakat di Propinsi Nusa Tenggara Barat, Rabu (24/11/2021).


Sementara untuk Kabupaten Sumbawa,  kegiatan secara virtual itu, ditandai penyerahan 40 Sertifikat secara simbolis kepada masyarakat Desa Poto, Desa Serading dan Desa Olat Rawa Kecamatan Moyo Hilir, yang diserahkan langsung oleh Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah, di Aula Hotel Grand Samota, didampingi Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan Kepala BPN Kantah Sumbawa.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia setiap tahunnya melaksanakan program pembuatan sertifikat gratis bagi masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) maupun Redistribusi Tana Obyek Landreform (TOL), termasuk jatah  untuk  Kabupaten Sumbawa NTB tahun 2021 ini  sebanyak 7.100 bidang tanah.

Penyerahan sertifikat secara virtual yang dipimpin langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Dr. Sofyan Jalil S.H., M.A., M.ALD, itu, dihadiri oleh Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, Dandim 1607/Sumbawa Letkol (KAV). Rudi Kurniawan, S.Sos, Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa Dr. Adung Sutranggono, S.H., M.Hum, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Subhan, S.ST., S.H serta sejumlah Pejabat Pengawas dan Fungsional dilingkup Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa, Drs H.Mahmud Abdullah, dalam kesempatan itu, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPN yang telah memprogramkan sertifikat gratis bagi masyarakat.

Karenanya, Bupati berharap agar sertifikat yang diterima oleh masyarakat tersebut dapat memberikan manfaat dan menjamin kepastian hukum kepemilikan hak atas tanah yang dimilikinya.

Ditempat yang sama, Kepala BPN Kantor Pertanahan Kabupaten Sumbawa Subhan S.ST SH menyatakan,  sesuai visi misi ATR/BPN dewasa ini maju dan modern serta ini jauh lebih baik, pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara profesional dan terpercaya dalam rangka mewujudkan Kantor Pertanahan Sumbawa menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). 

Terkait program Pemerintah Pusat melalui Kementerian ATR/BPN, terang Subhan, sapaan akrab pejabat muda low profil ini, BPN telah meluncurkan program pembuatan sertifikat gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sumbawa melalui program Pendaftaran Terpadu Sistimatis Lengkap (PTSL) maupun Redistriusi Tanah Obyek Landreform (TOL). 

Dimana dalam  tahun 2021 ini  sebanyak 7.100 bidang meliputi program PTSL sebanyak 4.800 bidang dan redistribusi TOL sebanyak 2.300 bidang, dengan lokasi penerima manfaat ditentukan sesuai dengan skala prioritas.

“Hari ini dari ribuan sertifikat gratis yang diberikan kepada masyarakat di daerah ini, , karena itu atas dukungan semua pihak, khususnya Pemda Sumbawa, Pemerintah Kecamatan dan Desa maupun masyarakat penerima manfaat kami sampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam, sehingga tugas jajaran BPN Sumbawa dapat terlaksana dengan baik sesuai program yang ditetapkan,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini