Kemendes PDTT Tetapkan 10 Desa di Sumbawa Sebagai Desa Cerdas

Sebarkan:

 

Sumbawa Besar, KA

Guna mendorong pembangunan desa yang inovatif dalam memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan teknologi digital, Kementerian Desa dan PDTT menyelenggarakan kegiatan Desa Cerdas yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun 2021-2024.

Kadis PMD Kabupaten Sumbawa, Rahman Ansori, kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (06/10/2021), menyatakan, 10 Desa di Kabupaten Sumbawa berhasil terpilih menjadi lokasi kegiatan Desa Cerdas Fase 1 Tahun 2021

“Sesuai Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 37 Tahun 2021, dari 350 Desa se Indonesia pada Fase 1 ini, terdapat 10 Desa di Kabupaten Sumbawa yang ditetapkan sebagai lokasi Desa Cerdas," terang Ansori.

Adapun kesepuluh desa tersebut, terang Ansori, yakni  Desa Semamung, Desa Batutering, Desa Leseng dan Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu, Desa Orong Bawa Kecamatan Utan, Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes, Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas, Desa Rhee Loka Kecamatan Rhee, Desa Langam Kecamatan Lopok, serta Desa Buin Baru Kecamatan Buer.

Desa Cerdas meliputi 6 dimensi yaitu Tata Kelola Cerdas (Smart Governance), Masyarakat Cerdas (Smart People), Lingkungan Cerdas (Smart Environment), Hidup Cerdas (Smart Living), Ekonomi Cerdas (Smart Economy), dan Mobilitas Cerdas (Smart Mobility).

“Dengan arahan 6 Dimensi Desa Cerdas tersebut Dinas PMD dan Dinas Kominfotiksandi Sumbawa dengan perangkat daerah terkait akan melakukan pembinaan dan penyuksesan program ini sebagai salah satu instrument dalam visi dan misi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” papar Ansori.

Kedepan, kata Ansori, desa-desa lainnya akan didorong untuk mengikuti program ini pada fase II dan III yang akan dilaksanakan tahun-tahun berikutnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini