Dstanbunak KSB Salurkan Bantuan Rp 3,6 Miliar untuk Peternak

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Sumbawa Barat menginformasikan pada tahun 2021 ini telah menyalurkan bantuan ternak kepada masyarakat.

Bantuan itu masuk dalam program reguler, menyusul saat ini pandemi Covid-19 masih melanda, maka program tersebut difokuskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat.

“Ya, tahun ini ada 97 ekor sapi Bali untuk 97 orang yang  mendapatkannya, ayam petelur sebanyak 3.559 ekor untuk empat kelompok,” ungkap Kepala Dinas Pertanian KSB melalui Kepala Bidang Peternakan Jamilatun, S. Pt.  

Selain itu, sambungnya, ada juga bantuan ayam broiler sebanyak 77 box untuk 10-15 kelompok. 

"Selain juga ada bantuan kerbau untuk dua kelompok sebanyak 12 ekor dan bantuan kambing bagi 10 kelompok sebanyak 86 ekor," jelasnya.

Bantuan ternak tersebut, kata Jumilatun menelan anggaran sebanyak Rp. 2,7 Milyar. Sementara Rp. 900 juta sisanya  untuk menunjang agar kelompok lebih produktif. 

"Rinciannya meliputi pembangunan kadang untuk 6 kelompok peternak sapi dan 5 kelompok peternak ayam. Sehingga total anggaran bantuan ternak dan kandang mencapai 3,6 Milyar," jelasnya. 

Ia berharap agar peternak betul-betul serius dalam berternak dan lebih fokus untuk mengejar hasil. Karena tujuan diberikannya bantuan itu untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat agar bisa mandiri.

“Bantuan pemerintah tidak serta langsung turun, namun melalui proses yang harus ditempuh sesuai mekanisme peraturan yang ada. Untuk itu kita harapkan bantuan itu bisa menjadi pemicu semangat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat karena tidak semua peternak bisa mendapat bantuan seperti ini,” ucapnya.(KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini