Ajang Good Mining Practice Award, AMMAN Raih Dua Trofi Terbaik dari Kementerian ESDM

Sebarkan:

Jakarta, KA

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) berhasil meraih dua Trofi Terbaik pada ajang Penghargaan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik 2021 atau Good Mining Practice Award. Acara penghargaan yang berlangsung pada Rabu, 29 September 2021 ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. 


AMMAN meraih dua Trofi Terbaik, yang merupakan penghargaan tertinggi, untuk Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Aspek Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara. Selain itu, AMMAN juga meraih dua Piagam Penghargaan Aditama dalam aspek yang sama. 

Penyerahan Trofi Terbaik kepada Presiden Direktur AMMAN, Rachmat Makkasau, dilakukan oleh Plh Sekretaris Direktorat Minerba Kementerian ESDM, Ir. Sujatmiko, dan Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba, Dirjen Minerba, Dr. Lana Saria, S.Si., M.Si. 

Dalam sambutannya, Menteri ESDM, Ir. Arifin Tasrif, menyampaikan apresiasinya kepada para pelaku usaha industri pertambangan yang telah menerapkan good mining practices. 

Acara ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-76, dengan tema ‘Energi Tumbuh, Energi Tangguh’. Kita harus terus bekerja keras, tetap cermat dan produktif, bersama-sama membesarkan sektor yang memiliki peran vital dalam pembangunan nasional. Selamat kepada para penerima penghargaan, semoga dapat menjadi contoh utama dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik,” ucap Arifin. 

Sementara itu, Presiden Direktur AMMAN, Rachmat Makkasau, menyebutkan bahwa prestasi yang berhasil diraih ini berkat kerja keras serta dedikasi yang dilakukan oleh seluruh karyawan serta mitra bisnis, meskipun menghadapi tantangan akibat pandemi COVID-19. 

“Kami berhasil mendapatkan dua Trofi Terbaik. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa kami di AMMAN terus mendorong diri untuk beroperasi dengan lebih baik lagi sehingga bisa menciptakan warisan terbaik dalam segala hal yang kami lakukan. Penghargaan ini kami dedikasikan kepada seluruh karyawan dan mitra bisnis kami yang terus memegang teguh visi AMMAN ini,” jelas Rachmat. 

Berbagai upaya pengelolaan lingkungan yang telah AMMAN lakukan meliputi program reklamasi dan revegetasi, konservasi air tanah, pemanfaatan air tambang untuk aktivitas pemrosesan, konservasi penyu dan sebagainya. Sementara itu, berbagai upaya untuk meningkatkan konservasi mineral, antara lain dengan meningkatkan copper recovery, yang dimulai dari aktivitas penambangan hingga pemrosesan. Peningkatan recovery ini juga dapat mengurangi kandungan mineral pada tailing yang ditempatkan di dasar laut. Kegiatan eksplorasi untuk menemukan cadangan sumber daya mineral baru juga merupakan wujud upaya AMMAN dalam meningkatkan konservasi mineral.

Tentang AMMAN

AMMAN merupakan grup perusahaan penambangan dan pengolahan tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia. Grup AMMAN di antaranya terdiri dari PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) yang mengoperasikan tambang Batu Hijau serta PT Amman Mineral Industri (PT AMIN) yang membangun dan mengoperasikan fasilitas smelter. Sejak mengakuisisi tambang Batu Hijau di tahun 2016, AMMAN berhasil melakukan transformasi secara signifikan untuk menjadikan operasi pertambangan lebih produktif, efisien, dan berkelanjutan. Mulai November 2020, AMMAN secara resmi memperkenalkan logo dan visi misi perusahaan yang baru, demi mendorong inovasi dan mewujudkan diri sebagai organisasi transformatif yang menciptakan warisan terbaik.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini