Optimisme “BIAT’KE” Klungkung Budidaya Ikan Air Tawar Ditengah Pandemi

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Dukungan terhadap Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Desa Klungkung “BIAT’KE” Kecamatan Batulanteh terus mengalir. Setelah menerima kunjungan dari Wakil Ketua I DPRD Sumbawa Drs Moch Ansori bersama Ketua Komisi II Berlian Rayes S.Ag dan sejumlah anggota Komisi II DPRD Sumbawa beserta leading sektor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa belum lama ini.

Giliran Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa memberikan bantuan ribuan bibit ikan kepada kelompok tersebut, Selasa (07/04/2021).


Ketua Kelompok BIAT’KE Kelungkung Darmansyah kepada awak media  menjelaskan, ia baru saja beraudiensi dengan Kepala DKP Sumbawa Ir Dirmawan MM untuk menyampaikan sejauh mana progress budidaya akan air tawar murni swadaya masyarakat, menggunakan sistem “BIOFLOK” teknologi terbarukan menggunakan kolam khusus dibuat sendiri oleh kelompok Biat’Ke Desa Klungkung.

Diakui Darmansyah, budidaya ikan air tawar jenis ikan Nila, Karper, Lele dan ikan Koi ini berkembang cukup pesat di puluhan kolam permanen maupun terpal dari berbagai jenis model dan ukuran, dengan memanfaatkan lahan pekarangan milik anggota kelompok Biat’Ke Kelungkung.

“Budidaya ikan air tawar ini mulai dirintis sejak tahun 2019 lalu awalnya beranggotakan 13 orang dan kini mulai mendapatkan perhatian masyarakat untuk berupaya secara bersama-sama mengembangkan usaha ekonomi masyarakat setempat kendati ditengah Covid-19,”terangnya. 

Dijelaskan, modal swadaya murni masyarakat,  kelompok Biat’Ke telah membuat puluhan kolam ikan berbagai model dan ukuran dengan memanfaatkan lahan kosong diselingi dengan menanam sejumlah tanaman bunga hidup agar lokasi pembudidayaan tetap terlihat asri.


Adapun biaya pembuatan setiap kolam ikan bervariasi antara Rp 5 Juta -Rp 7 Juta, awalnya hanya ada 24 kolam dan kini sudah bertambah sebanyak 14 buah.

“Sehingga total kolam ikan BIAT’KE sekarang ini menjadi 38 buah, dan sejauh ini kami  belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah, karena itu dukungan semua pihak sangat dibutuhkan,” cetusnya.

Sejauh ini, sambungnya, Kepala DKP Sumbawa Ir Dirmawan MM menyatakan salut sekaligus bangga atas usaha kerja keras yang dilakukan oleh kelompok BIAT,KE, dan bahkan memberikan dukungan penuh bagi pengembangbiakannya kedepan.  Sehingga dalam tahun 2021 ini, pihaknya mendapatkan bantuan bibit ikan Nila dari DKP Sumbawa sebanyak 15 kantong atau sekitar 4.000 ekor yang langsung diambil dari BBI DKP Sumbawa di Rhee.

“Saat ini ada kolam ikan baru dan belum terisi, dengan kapasitas setiap kolam bervariasi antara 2.000-3.000 bibit ikan, dan bantuan bibit ikan Nila dari DKP Sumbawa ini sangat membantu kami, sedangkan sebagian besar bibit ikan lainnya akan dibeli sendiri oleh anggota, karena itu dukungan dari berbagai pihak yang menaruh kepedulian sangat kami butuhkan,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini