Bupati KSB Apresiasi Panen Udang Vaname Ditengah Pandemi Covid-19

Sebarkan:

Taliwang,  KA. 

Bupati dan Wakil Bupati  Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM - Fud Syaifudin, ST, belum lama ini melakukan panen udang Vaname pada tambak binaan Dinas Perikanan KSB di Desa Dasan Anyar kecamatan Jereweh. 

Bupati menyatakan, dimasa  pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini, masyarakat masih tetap terus berusaha meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya. 

" Saya mengapresiasi semangat ini. 

Apa yang dilaksanakan pemerintah Desa Dasan Anyar bersama masyarakat wajib dicontoh oleh warga lainnya,” ucapnya.

Dalam arahannya H W Musyafirin  menyampaikan bahwa panen raya kali ini merupakan panen udang vaname dari varian yang cukup potensial untuk dibudidayakan dan memiliki peluang yang besar dan diminati di pasaran. 

“ Tapi  masih ada hal yang perlu diperbaiki dan dikembangkan utamanya mengenai hamparan lahan yang masih bisa dimanfaatkan. Dan ini membutuhkan persetujuan masyarakat sebagai pelaku bersama dengan Pemerintah," ungkapnya. 

Lebih lanjut Bupati berharap agar hamparan yang ada dapat dimanfaatkan dengan tidak mengesampingkan kelangsungan hidup tumbuh – tumbuhan, terutama mangrove sehingga hutan mangrove juga dapat dimanfaatkan untuk budidaya perikanan lainnya.

" Sementara terkait dengan permintaan untuk dilakukannya penataan secara baik atas akses, saya akan minta dinas tekhnis untuk mulai melakukan perencanaan,” cetusnya. 

Mengelola tambak udang lanjut Bupati adalah aset dalam memulihkan ekonomi masyarakat. Mengenai hal itu, diminta kepada dinas tekhnis untuk melakukan pendampingan dan pengawasan secara serius dan berkelanjutan, utamanya dalam membantu meningkatkan produksi.

Selain itu H Firin juga mengaku bahwa pemerintah KSB telah menyiapkan program untuk pembagian bibit beserta pakan, terutama kebutuhan dari para pelaku usaha tambak tradisional.

“Kalau dalam beberapa tahun ini pemerintah fokus memberikan bantuan berupa sampan, jadi untuk tahun ini bergeser dalam bentuk bibit dan pakan,” tegasnya.

Sementara itu, Ir H Mansyur Sofyan, MM selaku kepala Dinas Perikanan KSB menegaskan, usaha budidaya udang merupakan salah satu bentuk upaya membantu masyarakat yang dilakukan  pemerintah untuk memulihkan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. Hal ini juga termasuk menjadi bagian dalam penerapan Rencana Kerja Pembangunan Daerah KSB Tahun 2022, yakni memantapkan pemulihan daerah dampak pandemi Covid-19.

" Adanya panen sangat membantu warga tetap bekerja di tengah wabah seperti ini. Kegiatan panen ini juga untuk mengedukasi masyarakat bahwa potensi di daerah ini sangat besar. Baik itu potensi laut maupun darat, bisa eksis selama dikelola secara profesional," pungkasnya. (KA-02)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini