Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Sumbawa Barat

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Gempabumi tektonik mengguncang Sumbawa Barat, Minggu, 14 Februari 2021 pukul 08.39.57 WITA.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 8,92 LS dan 116,96 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Tenggara – Sumbawa Barat - NTB,  pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto  Septiadhi S.Si, melaporkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal. Hasil analisa mekanisme sumber menunjukan gempa ini diakibatkan oleh sesar geser (strike slip fault).

Dijelaskan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Sumbawa Barat, Mataram, Denpasar, Kuta II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang).

"Hingga pukul 09:00 WITA, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan," ujarnya.

Karenanya, ia  mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(KA-01)

 


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini