tayang 15/07/2020

Perguruan Tinggi Ikut Bantu Program Prioritas Pemprov NTB

Sebarkan:

 


Mataram, KA.

Momentum HUT Provinsi NTB ke 62 pada tanggal 17 Desember 2020 ini, Pemprov NTB menguatkan kerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk dengan dunia kampus, salah satunya Universitas Hamzanwadi. Perguruan Tinggi Swasta ini memiliki komitmen yang tinggi dalam membantu mensukseskan sejumlah program unggulan di NTB.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy, S.Sos, MM mengatakan, kolaborasi dan sinergi yang baik dengan dunia kampus sangat diperlukan untuk mewujudkan NTB Gemilang.  Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Hamzanwadi sedang menjalankan sejumlah program kegiatan guna menindaklanjuti MoU yang telah ditandatangni sebelumnya. 

“ Universitas Hamzanwadi telah menyampaikan rencana program kerjasama pada beberapa program prioritas yang ditetapkan oleh Pemprov NTB,” kata Najamuddin Amy Rabu malam, 16 Desember 2020. 

Sementara itu Wakil Rektor III Universitas Hamzanwadi, Dr. H Musifuddin menyebutkan, ada 10 program kerjasama dengan Pemprov NTB. Beberapa diantaranya yaitu program Posyandu Keluarga yang merupakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan. Selanjutnya pendampingan dan pengabdian masyarakat terkait program NTB bersih dan NTB Hijau di Provinsi NTB yang merupakan kerjasama dengan DLHK.

"Untuk Dinas Pariwisata kita kerja sama bidang penelitian dan promosi destinasi wisata, dan pendampingan pengelolaan dana desa, kita kerja sama dengan DPMPD," ujarnya doktor jebolan UNJ itu.

Sementara dengan Dinas Perindustrian, Universitas Hamzanwadi bekerjasama tentang Inkubasi Bisnis dan Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan seperti penyelenggaraan kuliah kewirausahaan lintas prodi, startup academy Hamzanwadi, pra inkubasi, inkubasi dan memfasilitasi produk inovasi mahasiswa dan kampus ke dunia industri dan dunia usaha, serta penyelenggaraan kegiatan Hamzanwadi Expo.

Dalam konteks pendidikan, kata dia, Universitas Hamzanwadi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dalam penyelenggaraan training of trainer (ToT) calon instruktur untuk pendidikan sekolah luar biasa dan beasiswa miskin berprestasi, dan beasiswa stimulan.

"Untuk pengembangan Aplikasi Simpul dan validasi data usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan digitalisasi marketing produk UMKM, kita kerja sama dengan Disperindag," ujarnya.

Sementara itu, untuk pemberdayaan UMKM dan validasi data UMKM dan penelitian berbasis pengembangan UMKM, serta Magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Univeristas Hamzanwadi  bekerjasama dengan Dinas Kopetasi dan UKM.

"Untuk pengelolaan museum, kita kerja sama dengan Museum NTB. Bakesbangpoldagri kita akan garap "Desa Bersinar" dan "Kampung Madani" menuju NTB Gemilang," tutupnya.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini