Wow, Realisasi Pajak Kendaraan UPTB-UPPD Taliwang Lampaui Target

Sebarkan:

 

Sumbawa Barat, KA

Realisasi pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) 10 bulan terakhir hingga Minggu pertama November 2020 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diatas 100 persen. 


Kepala Unit Pelayanan Teknis Badan-Unit Penerimaan Pajak Daerah (UPTB-UPPD) Taliwang KSB, Saharuddin S.Sos M.Eng kepada awak media, Senin, menyebutkan, jumlah potensi kendaraan bermotor di Bumi Pariri Lema Bariri ini mencapai 28.950 unit baik roda dua maupun roda empat.

Hasil evaluasi yang dilakukan periode Januari=7 Nopember 2020, terang Daeng Saha, sapaan akrab pejabat Bapenda NTB ini, dari target PKB Rp 14.171.000.000 berhasil terealisasi sebesar Rp 15.215.864.272 (107,37%). Sedangkan untuk BBNKB target Rp 15.032.566.450, baru  terealisasi Rp 8.516.456.857 (56,65%).

“Realisasi BBNKB ini sangat rendah karena dampak Covid-19, daya beli masyarakat untuk kendaraan baru menurun, namun kita syukuri realisasi PKB mengalami surplus Rp.861.566.450. Kami tetap optimis dengan sisa dua bulan terakhir ini realisasi penerimaan akan semakin meningkat,” tukasnya.

Diakui Daeng Saha, keberhasilan realisasi penerimaan dan pendapatan pajak kendaraan bermotor di KSB ini, tentu tidak bisa terlepas dari tingginya kesadaran masyarakat wajib pajak di KSB dalam membayar kewajiban pajak atas kendaraan bermotor. Selain pelayanan prima yang diberikan UPPD Samsat Taliwang KSB dengan 6 unit layanan, Samsat induk, Samsat Keliling (Samling) 2 unit, Samsat Desa (Samdes) Tapir di Kecamatan Seteluk, Samsat Undru malam dilokasi alun-alun Kota Taliwang dan Samsat Delivery serta Samsat On-Call untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Disinggung soal Dana Bagi Hasil (DBH) dari hasil pajak kendaraan se-NTB, sambungnya, maka setiap Kaupaten/Kota mendapatkan alokasi DBH masing-masing. Untuk KSB pada tahun 2019 lalu mendapatkan bagian sekitar Rp 69 Miliar.

Karenanya, peran serta dan kontribusi Pemda KSB untuk optimalisasi pajak kendaraan bermotor ini secara rutin mengadakan sosialisasi arti pentingnya membayar kewajiban PKB dan BBNKB. Termasuk menerjunkan tenaga pendamping (Juru Pungut), Sarpras maupun kegiatan operasi gabungan (Opsgab).  Pada tahun 2021 mendatang, Pemda KSB akan memberikan bantuan  1 unit kendaraan roda empat untuk menunjang kegiatan operasional Samsat Keliling.

Selain itu, untuk memberikan reward kepada para wajib pajak, Bappenda NTB akan melaksanakan Gebyar Pajak 2020 pada 20-21 November 2020 mendatang di UPTB-UPPD Taliwang.

“Kami telah menyiapkan hadiah utama sebuah sepeda motor dan sepeda dayung dari Kantor Induk Bappenda NTB, serta tambahan hadiah lainnya dari UPTB-UPPD Taliwang KSB berupa 1 unit kulkas dan 1 unit Televisi. Atas nama Pemprov NTB kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada wajib pajak yang telah membayar pajak kendaraannya untuk menunjang pembangunan di daerah ini,”  pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini