Korem 162/WB Gelar Persami Pramuka Saka Wira Kartika, Ini Harapan Danrem

Sebarkan:


Lombok Barat, KA.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han., diwakili oleh Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Inf Budi Rahmawan membuka acara Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat Tingkat Daerah TW IV Tahun 2020 di Bumi Perkemahan Karang Bayan, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (21/11/2020).

Kegiatan Persami yang akan dilaksanakan selama dua hari kedepan ini diikuti oleh 160 orang anggota Pramuka Saka Wira Kartika se-Pulau Lombok yang terdiri dari 4 pleton yaitu Pramuka SWK binaan Korem 162/WB, Kodim 1606/Lobar, Kodim 1615/Lotim dan Kodim 1620/Loteng.

Danrem 162/WB dalam amanatnya menyampaikan, kegiatan Persami yang dilaksanakan ini dalam rangka  pembinaan Gerakan Pramuka Saka  Wira Kartika untuk melaksanakan kegiatan bersama sekaligus untuk mengisi waktu liburan dengan kegiatan positif yang bertujuan untuk mewujudkan generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan agar tetap terjaganya persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Kegiatan perkemahan ini sebagai wadah untuk mempererat hubungan tali silahturahim adik-adik Pramuka, sekaligus memupuk jiwa patriot dan membina semangat kebersamaan agar memiliki solidaritas yang tinggi serta berkarakter yang kuat dalam semangat membela bangsa dan negara," terangnya.

Menurutnya, dengan diterbitkannya Undang Undang No.12 tahun 2010 tentang gerakan Pramuka menunjukkan bahwa pemerintah sangat peduli dan perhatian terhadap pentingnya pendidikan kepramukaan bagi kaum muda, karena Pramuka merupakan wadah untuk membentuk kepribadian generasi muda yang cerdas, beriman/bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotisme dan memiliki kepemimpinan yang handal, cinta lingkungan serta disiplin tinggi dan taat hukum.

"Maka dalam kegiatan ini, adik-adik Pramuka nanti akan mendapat pembekalan ilmu pengetahuan bela negara dan wawasan kebangsaan, keterampilan navigasi darat, Pioneer, mountenering, survival serta kegiatan lainnya yang akan memotivasi adik-adik untuk menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas baik secara perorangan maupun kelompok," ungkapnya.

Melalui kegiatan tersebut, orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB ini berharap, anggota Pramuka Saka Wira Kartika nantinya bisa menjadi kader dalam mengimplementasikan Empat Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di tempat tinggal masing-masing.

"Jadilah remaja yang aktif, kreatif dan energik, jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat serta jauhi pergaulan bebas yang menjurus kepada hal-hal negatif seperti narkoba, seks bebas, terorisme dan hal negatif lainnya agar adik-adik dapat mempersiapkan diri dengan baik, untuk meraih cita-cita dan melanjutkan perjuangan para pahlawan menjadi pemimpin bangsa yang hebat dimasa yang akan datang," pesannya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, alumni Akmil 1993 itu mengingatkan kepada para pembina dan seluruh peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut agar mengutamakan faktor keamanan dan tetap disiplin mentaati protokol kesehatan covid-19 dalam setiap kegiatan.

Adapun pejabat yang hadir pada Pembukaan Persami diantaranya Kasi Kasrem 162/WB, Dandim 1606/Lobar,

Danlanal Mataram, Danlanud ZAM Rembiga, Ketua Kwarda Prov NTB, Pasiter Kodim 1615/Lotim, Pasiter Kodim 1620/Loteng, Danramil 1606-08/Narmada, Kapolsek Lingsar, Pimpinan Saka se Wilayah NTB dan Kepala Desa Karang Bayan.(KA-04)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini