BPBD Sumbawa Kembali Distribusikan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Sebarkan:

 

Sumbawa Besar, KA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa kembali menyalurkan bantuan untuk korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Alas, Alas dan Buer, Rabu (11/11/2020).

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Ir. A. Rahim  kepada media ini, disela-sela pendistribusian bantuan tersebut, Rabu, menyebutkan,  bantuan logistik ini didistribusikan untuk korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Alas Barat, Alas dan Buer , Kabupaten Sumbawa.

Diakui Ahim, sapaan akrab pejabat low profile ini, bencana angin puting beliung telah mengakibatkan kerusakan terhadap puluhan rumah warga di Desa Labu Mapin, Gontar, Usar Mapin, Gontar Baru, Lekong Kecamatan Alas Barat, Desa Dalam  Kecamatan Alas dan Desa Tarusa Pulau Kaung Kecamatan Buer.

“Karenanya, Pemprov NTB melalui BPBD NTB dan Pemkab Sumbawa melalui BPBD Sumbawa menyalurkan bantuan kepada korban terdampak angin Putting beliung,” tukasnya.

Adapun bantuan tersebut, untuk Kecamatan Alas Barat, Terpal 160 Lembar, Selimut 320 Lembar, Matras 60 Lembar, Mie Instan 160 Dos  dan Air Mineral 160 Dos.

Sedangkan untuk Kecamatan  Alas, Terpal 16 Lembar, Selimut 32 Lembar, Matras 16 Lembar, Mie Instan 16 Dos, Air Mineral 16 Dos.  Sementara untuk Kecamatan Buer, berupa Terpal 4 Lembar, Selimut 8 Lembar, Matras 4 Lembar, Mie Instan 4 Dos dan Air Mineral 4 Dos.

Sebelumnya diberitakan, Hujan deras disertai angin kencang yang menerjang sejumlah kecamatan di bagian barat Kabupaten Sumbawa, sekitar pukul 15.20 wita, Senin (09/11/2020) mengakibat puluhan rumah rusak.

Kalak BPBD Kabupaten  Sumbawa, A. Rahim dalam laporannya, menyebutkan, hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer dan Labuhan Badas pada Senin, 09 November 2020 pukul 15.20 wita

Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang  di Kecamatan Alas Barat dan Kecamatan Alas, Buer dan Labuhan Sumbawa mengakibatkan rusaknya rumah warga dan fasiltas pendidikan dan kesehatan serta tempat ibadah, untuk Kecamatan Alas Barat,  Desa Lekong 12 rumah, 1 SMAN 1 Alas Barat dan Puskesmas . Desa Usar Mapin 23 Rumah, Labu Mapin 30  rumah, Gontar  17 rumah, Gontar Baru 15 rumah, termasuk Masjid dan Mushollah.

Sedangkan di Kecamatan Alas, Kantor Desa Marente roboh bagian depannya (gewel dan atap jatuh). Malam akan dirapatkan untuk mencari alternatif kantor desa sementara.

“Korban luka 3 orang, termasuk dua orang anak usia 8 tahun cukup parah dan telah dirujuk ke RSUD Sumbawa. Musibah ini terjadi ketika sedang berlangsung pembagian BST dari Kantor Pos di Kantor Desa Marente,” ungkap A Rahim.

Untuk Kecamatan Buer, yakni Desa Pulau Kaung, 1 rumah rumah roboh   an. Jubir , 3 rumah atap terangkat sebagian an. Samsuddin dan H. Nasir , Musdiran, 1 rumah miring an. Samsuni,  6 rumah dindingnya jatuh /jebol

Sedangkan untuk Kecamatan Labuhan Badas, dilaporkan  sejumlah rumah milik warga juga rusak diterjang angin kencang.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini