tayang 15/07/2020

Update Informasi Gempa dan Tsunami, BPBD Sumbawa Kini Miliki AWS

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa melalui BPBD kini memiliki sistem penerima peringatan atau disebut juga Warning Receiver System (WRS). 

Alat diseminasi informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami itu telah terpasang sejak Kamis (18/6/2020) lalu.

Alat tersebut merupakan bantuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat melalui BMKG Provinsi dan ditempatkan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa. 

Selain memilik fitur Web-GIS, yang dapat menampilkan pesan info gempa dan peringatan tsunami, aplikasi WRS juga memiliki fitur info BMKG seperti cuaca dan iklim.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa Ir A. Rahim kepada wartawan mengatakan, dengan adanya alat ini sangat membantu karena dapat memperkuat koordinasi serta informasi akurat mengenai aktivitas kegempaan ter update.

Apalagi lagi, lanjut Ahim, sapan akrabnya, beberapa waktu lalu di wilayah Sumbawa sempat terjadi gempa berkali-kali. Sehingga adanya alat ini dinilai sangat membantu.  

”Dengan dipasanganya alat tersebut semoga dapat memberikan info aktual, tepat dan terpercaya dalam aktivitas kegempaan di seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini