Pjs Bupati Buka Diklat Kewirausahaan Digital untuk Pemula

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Pjs. Bupati Sumbawa diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Sumbawa, L. Suharmaji, ST.MT., membuka secara resmi Diklat Kewirausahaan Digital Bagi Pelaku Usaha Pemula yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan di Aula Hotel Tambora, Senin (28/09/2020)

Pjs. Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan, di era Asean Economic Community (AEC), UMKM dituntut untuk mampu bersaing, sebab Indonesia merupakan pasar yang besar dan diperebutkan oleh seluruh pelaku usaha di kawasan ASEAN. 

“Karena itu kami berharap agar pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa, dapat memiliki daya saing daripada sebelumnya,” ungkapnya.

Dikatakan, para pelaku UMKM perlu terus diarahkan untuk mampu membangun usahanya menjadi lebih baik, sehingga mampu bertahan dan bersaing di era pasar bebas. 

Di Kabupaten Sumbawa, ungkapnya, UMKM memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. 

“Selain memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang relatif besar,” tegasnya.

Diakuinya, kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan teknologi informasi dan pengembangan SDM, jaringan usaha dan sebagainya, akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing UMKM. 

“Mudah-mudahan  ke depan, UMKM kita mampu meningkatkan kualitas produknya serta dapat berinovasi dalam membangun daya saing usaha, tentunya dengan memanfaatkan kegiatan diklat ini sebagai media pembelajaran, menambah wawasan, dan pengalaman usaha,” tutupnya.

Kegiatan Diklat diikuti 34 orang peserta dan berlangsung selama 5 hari, sejak 28-2 Oktober 2020 mendatang, dengan nara sumber Kadis Koperindag Sumbawa, WI Senior Baltkop NTB dan Dosen Universitas Teknologi Sumbawa.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini