Puluhan Peserta Ikuti Diklat Pramuwisata Muda Sumbawa

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.

Bupati Sumbawa diwakili Asisten Administrasi Umum Ir. H. Iskandar D., M.Ec., Dev., membuka secara resmi  Pendidikan dan Pelatihan Pramuwisata Muda DPD HPI NTB Kabupaten Sumbawa. 

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa dengan DPD HPI NTB tersebut dihadiri oleh Kepala DPD HPI Kabupaten Sumbawa dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa,  Senin pagi (10/8) di Sumbawa Grand Hotel.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa sebagai daerah yang mempunyai banyak keindahan alam maupun keindahan bahari kearifan budaya lokal yang dimiliki, sektor pariwisata akan mampu membuat Kab. Sumbawa memiliki investasi besar dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat. 

“Setidaknya ada 34 lokasi obyek wisata yang sudah tercatat saat ini, Kabupaten Sumbawa memiliki ratusan potensi obyek wisata lain yang belum tercatat. selain itu, peran pramuwisata juga sangat penting dan sangat menentukan keberhasilan kepariwisataan di Kabupaten Sumbawa”.  Ujar Bupati

Oleh karena itu, Bupati berharap melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan destinasi wisata daerah dan peran aktif masyarakat untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengaktualisasikan diri melalui aktivitas-aktivitas kepariwisataan. 

Bupati juga berharap kegiatan ini mampu mendukung pemerintah Kab. Sumbawa bersama masyarakat untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam membangun dan mengembangkan seluruh potensi wisata dan kekayaan budaya yang dimiliki.

“Disamping itu juga, agar kita dapat mengaktualisasikan kembali nilai positif yang terkandung dalam sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan) dalam masyarakat”. Lanjut Bupati

Diakhir sambutannya, Bupati meminta kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dengan mengikuti pelatihan secara seksama, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam memanfaatkan potensi-potensi kepariwisataan yang ada di Kabupaten Sumbawa. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa  Rusmin Junaidi, S.Pt., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata khususnya di Sumbawa melalui peningkatan berbagai sektor penggerak dan pendukung percepatan pembangunan pariwisata.

Diakatakan, kegitaan ini merupakan kerjasama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa dengan DPD HPI yang akan dilaksanakan 10-14 Agustus 2020 diikuti 30 orang peserta, berasal dari para pelaku wisata, Tour Guide, dan perwakilan Pokdarwis.(KA-01)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini