Selama Ramadhan, DLH Optimalkan Pelayanan Persampahan

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Selama bulan Ramdhan 1441 H, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumbawa tetap mengoptimalkan pelayanan rutin dalam hal persampahan. Terutama sampah dari rumah tangga yang ada diwilayah Kota Sumbawa dan sekitarnya.
Kepala Dinas LH setempat melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 - Muhammad Fauzi kepada wartawan, menyebutkan, volume sampah yang dihasilkan dari rumah tangga, secara umum terjadi kenaikan pada Bulan Ramadhan ini. Tidak hanya sampah organic, tetapi juga unorganic dan sampah rumah tangga sejenisnya. Termasuk banyaknya masker bekas yang dibuang bersamaan.
Meski begitu, pihaknya tetap mengoptimalkan pelayanan rutin dalam rangka penanganan sampah. Ada terobosan di bulan Ramadhan terkait penambahan volume persampahan di Kabupaten Sumbawa, salah satunya ada penambahan jadwal rutin pengangkutan.
‘’Saya rasa kita juga terkendala anggaran operasional. Karena bagaimanapun kita menambah jadwal rutin memakan anggaran juga dari BBM dan lain sebagainya,’’ tukasnya.
Bahkan karena adanya covid-19, pihaknya mengalami kendala terkait kebijakan anggaran. Dimana terjadi penghentian belanja barang dan jasa. Termasuk adanya pengurangan anggaran di bidang pengolahan sampah. Selain itu, adanya penundaan pencairan, juga menjadi kendala di jadwal pelayanan rutin. Kecuali belanja rutin dan belanja pemeliharaan kendaraan tidak terganggu.
Dalam mewabahnya covid-19 ini, pihaknya tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan petugas persampahan. Sebagai langkah antisipasi, petugas tetap diminta menggunakan alat pelindung diri seperti masker.
‘’Kami dari Dinas LH tetap meminta  pasukan kita di lapangan untuk melakukan langkah antisipasi menghindari penyebaran virus ini. Kami mengharuskan di lapangan untuk menggunakan masker, sarung tangan dan lain-lain. Walaupun secara procedural belum memadai,’’ pungkasnya. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini