tayang 15/07/2020

Pembayaran Proyek Lanjutan DAK di Sunbawa Tetap Diproses

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Terdapat beberapa proyek pembangunan tahun 2019 di Kabupaten Sumbawa, yang pengerjaannya dilanjutkan di 2020. Pemda tetap memproses sisa pembayaran dari pembangunan dimaksud, meskipun anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).
Kabag Pembangunan Setda Sumbawa,  Usman Yusuf kepada wartawan, menjelaskan, adapun sejumlah proyek lanjutan dimaksud yakni, empat proyek puskesmas di Dinas Kesehatan, proyek irigasi Orong Monyeng di Dinas PUPR dan Proyek Pembangunan Dermaga Medang di Dinas Perhubungan. Saat ini proyek tersebut telah dituntaskan. Bahkan kontraktor sudah meminta agar segera dilakukan pembayaran.
Dijelaskan, anggaran untuk proyek lanjutan tersebut tidak terganggu dengan adanya Covid-19, seperti beberapa proyek lain yang sumber dananya dari DAK. Karena untuk proyek lanjutan ini, anggarannya sudah ada di kas daerah.
‘’Untuk proyek-proyek yang dilanjutkan di tahun 2020, itu Alhamdulillah karena uangnya sudah ada disini (Kas Daerah). Tetap akan dilanjutkan pembayarannya. Jadi tidak terganggu (Dengan Covid-19),’’ tegasnya.
Meski begitu, ada kebijakan dari Pemerintah Pusat yang menyatakan kalau DAK lanjutan atau dianggarkan kembali tahun berikutnya, harus melalui mekanisme pemeriksaan atau audit BPK. Karena sebelumnya tidak mampu mencapai progres sampai akhir tahun.
‘’InsyaAllah secepatnya. Informasi terakhir BPK menyelesaikan auditnya tanggal 12 April ini. Dan biasanya  dua minggu atau paling telat tiga minggu BPK sudah menyerahkan LHP. Setelah itu berproses lah proyek lanjutan itu,’’ pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini