Dukung Gratieks, Karantina Pertanian Sumbawa Sambangi Eksportir

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Gerak cepat Karantina Pertanian Sumbawa mendukung program Badan Karantina Pertanian tahun 2020 yaitu Gerakan Tiga Kali Lipa Ekspor (Gratieks) dengan menyambangi eksportir, Kamis (06/02/2020). Tidak tanggung-tanggung dalam sehari dua perusahaan sekaligus, yakni PT Karya Tani Sejahtera yang melakukan ekspor bawang merah dan PT Sumbawa Bangkit Sejahter eksportir serat sisal.
Kepala Karantina Pertanian Sumbawa drh. Ida Bagus Putu Raka Aria (Raka), kepada media ini menyebutkan, kegiatan ini adalah bukti nyata pihaknya dalam mendukung Gratieks.
 “Dukungan untuk menaikan ekspor komoditas pertanian dengan mendata potensi serta produksi, mendampingi, memberikan edukasi  dan mendorong petani agar produknya tembus ekspor,” cetusnya.
Dijelaskan Raka, sapaan akrabnya, pada tahun 2018 empat komoditas andalan dari Pulau Sumbawa sudah mampu menembus pasar ekspor yaitu bawang merah, sarang burung walet, sisal dan jagung.
“Namun masih ada produk lainya seperti mete, kopi, teh daun kelor, porang dan lainnya yang memiliki potensi ekspor dan akan kita gali lagi potensinya,” ungkap Raka.
“Ketelusuran komoditas pertanian mulai tanam hingga nanti produk tersebut siap di ekspor menjadi perhatian Karantina Pertanian Sumbawa, karena kita menyadari keterbatasan sarana dan prasarana sehingga produk pertanian dari Pulau Sumbawa tersebut harus ekspor melalui daerah lain," imbuh Raka.
Sementara itu, Erwin manajer dari PT SBS menyebutkan, untuk sementara pihak perusahaan masih fokus pada perluasan lahan tanam dengan membina petani sekitar.
“Pangsa pasarnya  cukup bagus, bahkan untuk pasar lokal sebagai bahan baku kerajinan akan membuat sisal menjadi komoditas unggulan dari Pulau Sumbawa,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini