tayang 15/07/2020

Pembangunan RSUD Baru Tahap II, Pemda Siapkan Rp 21,5 Miliar

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA.
Pembangunan gedung baru RSUD Sumbawa untuk tahap pertama nampaknya sudah tuntas dikerjakan, sesuai kontrak hingga 20 Desember 2019. Tinggal dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas lainnya di tahun 2020. Dimana Pemda Sumbawa telah menyiapkan anggaran mencapai Rp 21,5 miliar.
Direktur RSUD Sumbawa dr. Dede Hasan Basri kepada wartawan, menyebutkan, hingga Rabu (18/12), progress pembangunan tahap pertama RSUD tersebut sudah mencapat 97 persen. Pihaknya yakin ini tuntas tepat waktu, hingga sisa pekerjaan bisa terkejar sampai berakhirnya kontrak.
“Dimana saat ini gedung baru itu sudah dipasangi lampu, termasuk pintu sudah selesai dikerjakan. Begitupula pengecatan dinding dan lainnya yang juga sudah diselesaikan,” ujarnya.
Dijelaskan, pembangunan RSUD tahap I ini untuk dua gedung yakni Instalasi Rawat Jalan (IRJ) dan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Tahun 2019 ini dibangun  satu lantai. Sementara untuk lantai 2 hingga atap akan dilanjutkan tahun 2020 mendatang. Selain itu nantinya juga akan dibangun struktur VIP. 
‘’Jadi bangunan yang kita bangun itu kalau tidak ada halangan rintangan, tahun depan sudah bisa kita pakai dan bisa kita lanjutkan untuk pembangunan lanjutannya,’’ tuturnya.
Sementara untuk kelanjutan pembangunannya, anggaran yang disediakan sebesar Rp 21,5 miliar dari APBD. Sedangkan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK), diakuinya sifatnya kelanjutan setelah rumah sakit dimanfaatkan. Nantinya DAK berkesinambungan diberikan.
‘’Terakhir saya ke Kementerian Kesehatan, sifatnya DAK kelanjutan apabila kita sudah manfaatkan (rumah sakit). Nanti akan berkesinambungan dana ini akan diberikan. Jadi setelah selesai, baru dikasih dana berkesinambungannya,’’ demikian dokter Dede. (KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini