Koperindag KSB Aktif Monitoring Perkembangan Koperasi Syariah

Sebarkan:

Taliwang, KA.

Dinas Koperasi dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Sumbawa Barat  diinformasikan intens melakukan monitoring terhadap perkembangan koperasi Syariah di wilayah  setempat. Baru baru ini, dinas ini  memantau perkembangan Koperasi Konsumen Syariah Dharmawanita Kemenag KSB. 

" Ya, oleh Bidang terkait,   monitoring  terhadap perkembangan Koperasi Konsumen Syariah Dharmawanita Kemenag itu dilakukan sebagai upaya untuk mengevaluasi kinerja dan kegiatan koperasi yang berfokus pada prinsip konsumen syariah," ungkap Kepala Diskoperindag Sumbawa Barat, Ir. H. Lalu Azhar. 

Menurutnya, dari hasil monitoring yang dilakukan, disimpulkan koperasi tersebut paling aktif dan konsisten dalam menjalankan rencana anggaran belanja (RAB) yang telah ditetapkan. 

" Ini tentu penilaian yang sangat baik dimana komitmen dalam mengelola keuangan dilakukan dengan sistem berbasis Syariah,"ungkapnya. 

Meski begitu, agar kegiatan koperasi dapat terus berkembang, H. Azhar menyarankan kepada koperasi terkait untuk terus  meningkatkan partisipasi aktif anggota koperasi. Dengan semakin banyak anggota yang berpartisipasi aktif, maka potensi keuntungan koperasi juga akan semakin tinggi.

" Partisipasi aktif anggota dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan, seperti meningkatkan frekuensi pembelian produk koperasi dan mengajak anggota lain untuk bergabung," cetusnya. 

Di pembahasan lain, H. Azhar tak menampik  bahwa koperasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Ia menekankan, kemajuan usaha koperasi akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan anggota, dan jika hal ini tidak terjadi, bukanlah karena teorinya yang salah, melainkan karena praktik yang keliru yang harus diperbaiki.

“Kekuatan bersama dan kerja kolektif merupakan kunci sukses koperasi. Koperasi saat ini diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing yang tinggi dalam mendorong kemajuan koperasi itu sendiri,” pungkasnya. (KA.02/Kominfo)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini