Program Restocking DKP Sumbawa di Lantung dan Ropang Terkendala Pasokan Air

Sebarkan:

Sumbawa Besar, KA  

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa tahun anggaran 2023 menetapkan 23 lokasi bagi pelaksanaan penebaran 500 Ribu bibit ikan  di perairan umum melalui program Restocking.

Program penebaran bibit ikan Nila, Karper dan Tawes itu dilakukan  guna pengembangan biakan sejumlah potensi ikan yang lebih baik ke depannya.

"Sampai saat ini masih ada 2 lokasi di Kecamatan Lantung dan Ropang yang belum bisa dilaksanakan kegiatannya, karena kendala musim kering adanya keterbatasan ketersediaan pasokan air, " ungkap Kabid Perikanan Tangkap DKP Sumbawa H.Burhanuddin S.Pi, Selasa (17/10/2023).

Dijelaskan, program restocking ini penting dilakukan disejumlah perairan umum, Embung maupun Bendungan sebagai upaya mengembangbiakan dan pelestarian atas stock pasokan potensi ikan di perairan daerah ini.

Sejauh ini, sebanyak 21 lokasi yang telah tuntas dilaksanakan program restockingnya dengan menebarkan bibit ikan sebanyak 460 ribu, dan sisanya sebanyak 40.000 bibit ikan diperuntukkan bagi 2 lokasi di Lantung dan Ropang.

“Dari hasil evaluasi atas program Restocking tahun 2023 ini, progresnya sudah mencapai sekitar 98%, dan sisanya 2% menunggu hasil restocking pada dua lokasi Lantung dan Ropang yang diharapkan pada bulan Nopember mendatang bisa ditaburkan bibit ikannya sehingga bibit ikan yang ditebar bisa berkembang lebih baik kedepan,” pungkasnya.(KA-01)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini