Unram dan UPSI Malaysia Teken MoU, Fokuskan Kolaborasi di Bidang Pendidikan

Sebarkan:

Mataram, KA.

Universitas Mataram (Unram) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) pada hari Selasa, 4 Juli 2023 lalu di Tanjong Malim, Malaysia.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. bersama Naib Canselor UPSI, Prof. Datuk Dr. Md. Amin Bin Md. Taff.

Turut hadir pula Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Perencanaan, dan Sistem Informasi Unram, Prof. Akmaluddin, S.T., M.Sc.(Eng.), Ph.D. dan Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Unram, Prof. Ir. Dahlanuddin, M.Rur.Sc., Ph.D. mendampingi Rektor Unram dalam penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut. Sedangkan dari pihak UPSI turut hadir Deputy Vice Chancellor (Academic and International), Prof. Dr. Marzita binti Puteh dan Deputy Vice Chancellor (Student Affairs and Alumni), Prof. Dr. Norkhalid bin Salimin.

Rektor Unram menjelaskan jika kerja sama dengan UPSI Malaysia berfokus pada bidang pendidikan. 

“Kita tetap berkolaborasi pada lingkup tri dharma perguruan tinggi, tapi karena UPSI ini kuat di bidang pendidikan jadi kita lebih menekankan kerja sama pada bidang pendidikan,” ungkap Prof. Bambang.

Salah satu bentuk kerja sama yang sudah dilakukan antara Unram dengan UPSI adalah pertukaran mahasiswa, yang mana Unram telah mengirimkan mahasiswa PKL dari Magister Administrasi Pendidikan ke UPSI pada tahun 2022 sejumlah 54 mahasiswa dan di tahun 2023 sejumlah 44 mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan selama pertukaran mahasiswa berlangsung di antaranya Seminar Bersama antara mahasiswa Unram dengan UPSI, Kuliah Bersama oleh 2 orang dosen UPSI dan 1 orang dosen Unram, serta peninjauan fasilitas-fasilitas pendidikan dan museum.

Prof. Bambang turut menyebutkan rencana kolaborasi ke depan antara Unram dengan UPSI, di antaranya Unram akan melakukan Join Research dan Join Publication, serta Ad Joint Professor. UPSI juga akan memberikan kuliah di Magister Administrasi Pendidikan Unram, dan UPSI memberikan penawaran kepada dosen-dosen Unram untuk mengajar di UPSI.

“Dengan adanya peluang mengajar di UPSI dosen-dosen kita bisa go international,” tutur Rektor Unram.

Rektor Unram berharap kerja sama ini dapat menjadi pilar pendukung bagi pengembangan serta kemajuan kedua perguruan tinggi di bidang pendidikan, yakni Unram dan UPSI.(KA-03)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini